Mendag Zulhas Sebut Harga Beras Mulai Turun dan Masalah Impor Tak Jadi Kendala

- 18 September 2023, 11:30 WIB
Mendag Zulkifli Hasan usai meninjau Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) bersama Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo di Jakarta Timur, pada Rabu, 13 September 2023.
Mendag Zulkifli Hasan usai meninjau Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) bersama Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo di Jakarta Timur, pada Rabu, 13 September 2023. /Kemendag/

PRFMNEWS - Harga beras di berbagai wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir terus merangkak naik. Namun, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan harga beras di sejumlah lokasi di Indonesia sudah mulai turun.

Penurunan harganya bervariasi dengan besaran bervariasi mulai Rp100 hingga Rp500 per kilogram (kg).

"Sudah mulai turun di beberapa tempat, ada yang Rp500 turunnya, ada yang Rp100, ada yang baru Rp200 turunnya," kata Zulkifli mengutip dari ANTARA, Senin, 18 September 2023.

Baca Juga: Atasi Harga Beras yang Naik, Pemerintah Akan Lakukan Operasi Pasar Beras

Meski demikian, menurut Mendag, berbagai upaya untuk menekan harga beras di pasaran masih terus dilakukan pemerintah. Salah satu yang masih digencarkan yakni penyaluran program bantuan beras kepada masyarakat sebanyak 10 kg beras per keluarga.

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), bantuan 10 kg beras kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan terus dilakukan dengan alokasi mencapai 210.000 ton beras per bulan.

"Pemerintah menggelontorkan 10 kilo per KK sebanyak 21 juta keluarga lebih dibagi mulai September, Oktober, November," ujar Zulkifli.

Baca Juga: Harga Beras Naik, Pemkot Bandung Siap Gelar Operasi Pasar Murah 19 September-10 Oktober 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x