DPR Minta Kemendag Segera Tangani Kenaikan Harga Beras

- 14 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi pedagang beras.
Ilustrasi pedagang beras. /Syaiful Arif./ANTARA FOTO

PRFMNEWS - Kenaikan harga beras terjadi di banyak daerah di Indonesia. Kenaikan harga bahan pokok ini tentunya banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, Anggota Komisi VI DPR RI Luluk Nur Hamidah meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengantisipasi kenaikan harga beras terus terjadi.

Dia juga meminta Kemendag untuk mencari penyebab atas kenaikan harga beras ini, khususnya beras medium dan premium.

Baca Juga: Begini Langkah Mendag untuk Stabilkan Harga Beras yang Kian Melonjak

"Kenaikan harga beras kita harus antisipasi. Ini murni karena secara alamiah itu memang terjadi seperti itu atau ada sesuatu yang bekerja di balik kenaikan harga beras yang tidak wajar? Terutama harga beras medium dan juga premium," kata Luluk dikutip dari laman resmi DPR RI.

Kata dia, kenaikan harga beras sangat berdampak terutama pada keluarga menengah ke bawah. Selain itu kenaikan harga beras juga dikhawatirkan berefek pada hal lainnya.

"Bagi kalangan keluarga yang penghasilannya pas-pasan apalagi keluarga kecil pasti ini sangat berat dan juga bagi keluarga (kelas) menengah ini juga tentu tidak wajar karena pasti akan diikuti dan efeknya itu juga akan kemana-mana," ujarnya

Politisi Fraksi PKB ini pun mengingatkan adanya penggilingan-penggilingan gabah berskala besar yang memiliki kemampuan produksi lebih dari kemampuan yang dimiliki Bulog. Pihaknya khawatir dengan kemampuan swasta menyerap gabah di harga sangat tinggi dari petani, akan berakhir dengan adanya permainan dari sisi hulu maupun hilir.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x