Kata Menkes, Kualitas Udara Paling Bersih Bukan di Pagi Tapi Sore Hari

- 31 Agustus 2023, 07:40 WIB
Ilustrasi penggunaan masker untuk mengatasi polusi udara.
Ilustrasi penggunaan masker untuk mengatasi polusi udara. /Antara/Aditya Pradana Putra/

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kadar polusi udara paling sedikit atau minim di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya justru bukan pada waktu pagi melainkan berada pada waktu sore hari.

Menkes mengaku selama ini dia dan mungkin sejumlah masyarakat menduga kualitas udara paling bersih dan minim polusi udara di kawasan Jabodetabek berada pada pagi hari. Namun hal tersebut justru keliru.

Kata Menkes, rentang waktu sore hari yang menunjukkan kualitas udara paling bersih dan sedikit polusi udara di kawasan Jabodetabek berada mulai jam 4 hingga 5 sore.

Baca Juga: Polusi Udara Buruk, Menkes Imbau Masyarakat Kembali Gunakan Masker untuk Cegah Penyakit

"Saya juga baru tahu, kalau kita pikir pagi itu udaranya yang paling bersih, itu salah besar. Ternyata yang paling bersih PM2,5 itu jam 16.00 hingga 17.00 WIB," kata Menteri Budi Gunadi Sadikin, Rabu 30 Agustus 2023.

Particulate Matter (PM2.5) adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2.5 µm (mikrometer) sebagai komponen pembentuk polusi.

Alasan kenapa udara yang relatif lebih bersih berada pada sore hari, lanjut Budi, disebabkan oleh pengaruh fluktuasi suhu.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Sejumlah Langkah untuk Antisipasi Meningkatnya Penyakit Akibat Polusi Udara

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x