OJK Sebut Gen Z dan Milenial Kurang Ahli Atur Keuangan dan Sering Ngutang

- 23 Agustus 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi utang.
Ilustrasi utang. /Pixabay/Tumisu/

PRFMNEWS - Generasi milenial dan gen Z dinilai kurang piawai dalam mengatur keuangan. Pasalnya, baik generasi milenial maupun gen Z diketahui memiliki utang jauh lebih banyak dibandingkan dengan generasi boomers saat ini.

Kondisi seperti ini tentu saja ada sebabnya. Salah satunya adalah gaya hidup generasi sekarang berbeda dengan gaya hidup generasi sebelumnya.

Baru-baru ini seperti diketahui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan fakta banyak kalangan muda yang tak bisa mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) karena terjerat PayLater.

Baca Juga: Komisi XI DPR RI dan OJK Gelar Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Bagi Mahasiswa

Ternyata, OJK juga sudah merilis statistik fintech peer-to-peer (P2P) lending atau pinjaman online (pinjol) per Desember 2022, yang menunjukkan pengguna pinjol terbanyak adalah generasi millennial dan z, dengan rentang usia nasabah yakni 19-34 tahun.

Artinya, pengguna FinTech pendanaan bersama didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Jadi, tidak heran lagi jika kedua generasi tersebut suka utang.

Mengutip dari situs resmi OJK, Rabu,23 Agustus 2023, data tersebut menunjukkan generasi millenial dan z lebih suka berutang dibandingkan generasi lainnya. OJK juga mencatat ada sejumlah alasan mengapa generasi milenial dan z suka berhutang.

Baca Juga: OJK Jabar Minta Warga Tak Pakai Pinjol Untuk Keperluan Ramadhan dan Lebaran

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x