Tertarik Jadi Masinis KAI? Cek Cara Daftar, Syarat dan 6 Tahapan Seleksi Jadi Pengemudi Kereta Api

- 22 Juli 2023, 20:00 WIB
Masinis mengoperesikan Kereta Api
Masinis mengoperesikan Kereta Api /Djoko Setijowarno / Portal Pekalongan

PRFMNEWS – Seorang masinis bukanlah sekedar profesi mengemudikan laju kereta api (KA). Masinis juga harus menanggung risiko besar termasuk memastikan keselamatan penumpang.

Untuk itu, PT KAI memberlakukan syarat dan kriteria khusus bagi seseorang yang ingin mengikuti proses rekrutmen menjadi masinis kereta api.

Cara dan proses pendaftaran untuk melamar menjadi seorang masinis kereta api juga tak main-main. PT KAI menyiapkan beberapa tahapan yang wajib dilalui peserta rekrutmen.

Baca Juga: Jangan Nekat! Terobos Palang Pintu Kereta Bisa Kena Sanksi Pidana hingga Renggut Nyawa, Cek Aturannya

Kasus tabrakan Kereta Api Brantas dengan truk trailer di perlintasan Jalan Madukoro, petak jalan Jerakah-Semarang Poncol, Selasa 18 Juli 2023 menjadi salah satu contoh betapa besar tanggung jawab seorang masinis KA penumpang, termasuk bagi keselamatan diri sendiri.

Lantas, bagaimana alur dan cara melamar sebagai seorang masinis di KAI, serta syarat dan kriteria apa saja yang perlu diperhatikan calon peserta rekrutmen?

Mengutip laman resmi KAI, tahapan untuk menjadi masinis yang pertama adalah peserta harus mengikuti serangkaian seleksi rekrutmen yang diadakan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Luncurkan Bus Trans Pakuan yang Dijadikan Pengumpan Kereta LRT

Peserta harus bersaing dengan puluhan ribu pelamar lain dalam proses seleksi yang cukup ketat dan berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x