Diresmikan 2022, LRT Jabodebek Bakal Berjalan Tanpa Masinis Pakai Sistem CBTC GoA 3, Ini Keunggulannya

- 13 Desember 2021, 19:20 WIB
LRT Jabodetabek. LRT ini akan beropersi mulai Agustus 2022 dan tanpa masinis.
LRT Jabodetabek. LRT ini akan beropersi mulai Agustus 2022 dan tanpa masinis. /PT KAI


PRFMNEWS – Vice President (VP) Public Relations Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus membocorkan bahwa uji coba terbatas LRT Jabodebek akan dilakukan pada Juni 2022. Sedangkan rencana peresmian LRT Jabodebek akan berlangsung pada 17 Agustus 2022.

Upaya uji coba tersebut dilakukan untuk mengecek sistem operasi Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation GoA level 3 (GoA 3), yang akan diterapkan pada setiap rangkaian LRT Jabodebek.

“Sistem operasi GoA 3 pada LRT Jabodebek direncanakan pertama kali diuji coba secara terbatas pada Juni 2022 dan akan terus diujicobakan hingga rencana peresmian LRT Jabodebek pada 17 Agustus 2022,” kata Joni.

Baca Juga: LRT Jabodetabek akan Beropersi Tanpa Masinis Mulai Agustus 2022

Sistem CBTC adalah pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga kereta dapat beroperasi dan memproyeksikan jadwal secara otomatis yang dikontrol juga secara otomatis dari pusat kendali operasi.

Sementara GoA 3 adalah tingkat otomasi operasional kereta di mana pengoperasian dilakukan secara otomatis tanpa masinis, namun tetap ada petugas operasional disebut Train Attendant.

Tugas mereka adalah memastikan kereta berjalan normal, menangani kondisi darurat yang mungkin terjadi selama perjalanan, dan melayani pelanggan yang butuh bantuan.

“Jika terjadi gangguan sarana atau prasarana, petugas Train Attendant akan mengambil alih pengoperasian kereta secara manual dengan kecepatan terbatas,” tutur Joni.

Baca Juga: Terkait Kecelakaan Kereta LRT di Jakarta, Ini Alasan Pengelola

Joni menambahkan, sistem GoA 3 membuat kereta berjalan otomatis sehingga minim potensi kecelakaan akibat human error.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah