Merasa Gagal Laksanakan Konvensi Rio 1992, Emil Salim Tolak Climate Hero Award

- 26 Juni 2023, 10:00 WIB
Prof. Emil Salim
Prof. Emil Salim /Twitter/@emilsalim2010

PRFMNEWS - Ini bukan persoalan menerima atau menolak, ini persoalan hati nurani. Prof. Emil Salim menyampaikan bahwa dia menolak pemberian penghargaan Climate Hero Award dari Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) lantaran merasa gagal menjalankan konvensi Rio 1992.

Climate Hero Award yang diadakan oleh FCI adalah penghargaan yang dianugerahkan pada tokoh-tokoh dan golongan masyarakat yang berjasa dalam memperjuangkan ambisi, komitmen, dan tindakan suasana Indonesia.

“Saya rasa tidak patut menerima penghargaan ini,” kata Prof. Emil Salim seperti yang dikutip PRFMNEWS dari ANTARA, Senin, 26 Juni 2023.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Integrated Terminal Balongan Kolaborasi Bersih-Bersih Pantai Tirta Ayu

Prof. Emil mengatakan bahwa dia ditugaskan oleh Presiden Soeharto sebagai bagian dari delegasi Indonesia untuk menandatangani dua konvensi Rio 1992 dalam KTT Bumi nang diadakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 3-14 Juni 1992 di Rio de Janeiro, Brazil.

Mantan menteri lingkungan hidup tersebut juga menyebut bahwa dia membaca laporan penyelenggaraan konvensi Rio 1992 nang diumumkan pada 2022.

“Ketika saya baca laporan tersebut, rupanya semua pemerintahan di bumi kandas melaksanakan konvensi tersebut, termasuk Indonesia. Dikatakan bahwa penyelenggaraan Indonesia untuk dua konvensi itu adalah poor, rendah, buruk,” kata Prof. Emil.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Bisa Dipacu 350 km/jam, KCIC: Persiapan KCJB Sudah di Jalur Tepat

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x