Pemerintah China dan Indonesia Saling Buka Suara soal Target Jadwal Pengoperasian Kereta Cepat

- 17 Juni 2023, 07:48 WIB
ILUSTRASI - Gambaran Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung
ILUSTRASI - Gambaran Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung /KCIC/

PRFMNEWS – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China angkat bicara terkait jadwal mulai dioperasikannya Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk melayani penumpang umum.

Pemerintah China dan Indonesia sama-sama optimistis bahwa jadwal peluncuran secara komersial Kereta Cepat Jakarta Bandung akan sesuai target yang ditetapkan yakni Agustus 2023 mendatang.

"Kereta api cepat di Indonesia akan segera beroperasi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: KCIC Akan Ajak Masyarakat Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung

Sementara itu, Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto menjelaskan, Pemerintah Indonesia yang juga optimistis KCJB akan segera beroperasi sesuai target, terus berupaya mewujudkan target waktu peluncuran tersebut.

Santo menyatakan hal yang sama seperti diungkap Wang Wenbin bahwa peluncuran secara komersial KCJB akan dilakukan segera pada Agustus 2023 meski berpotensi muncul berbagai perbedaan kepastian waktu.

"Kami tahu selalu ada perbedaan pandangan antara orang-orang di level teknik dan orang-orang di level politik. Kami perlu menyeimbangkan atas apa yang lebih penting," ucapnya.

Baca Juga: Kecepatan Uji Coba Kereta Cepat Ditingkatkan, Kecepatan KCJB Sudah Tembus 220 km/jam

Selain soal jadwal peluncuran, Santo juga membeberkan, Indonesia saat ini sedang bernegosiasi dengan China terkait tambahan pinjaman dana untuk proyek KCJB ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x