Kecepatan Uji Coba Kereta Cepat Ditingkatkan, Kecepatan KCJB Sudah Tembus 220 km/jam

- 15 Juni 2023, 10:00 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung.
Kereta Cepat Jakarta Bandung. /KCIC/

PRFMNEWS - Rangkaian uji coba operasional kereta cepat Jakarta Bandung terus dilakukan oleh pihak KCIC agar kereta penghubung Bandung dan Jakarta ini bisa beroperasi mulai Agustus 2023.

Terbaru, kecepatan KCJB pada masa uji coba ini kembali ditingkatkan dan kini kecepatannya sudah mencapai angka 220 km/jam.

KCIC bersama seluruh stakeholder terus melakukan berbagai penyempurnaan prasarana untuk peningkatan laju kereta api cepat, secara paralel proses sertifikasi juga dipersiapkan bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Akan Berhenti di 4 Stasiun yang Miliki Berbagai Fasilitas Penunjang yang Lengkap

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, saat ini kami sedang fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing and commisioning KCJB secara internal yang dilaksanakan oleh Kontraktor KCJB. Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian.

“Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi,” ujar Emir.

Pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Laju Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan kecepatannya secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam.

Baca Juga: Sebelum Melesat dengan Kecepatan 385 KM/Jam, KCIC Bakal Sempurnakan Prasarana KCJB

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x