Sebelum Melesat dengan Kecepatan 385 KM/Jam, KCIC Bakal Sempurnakan Prasarana KCJB

- 5 Juni 2023, 14:00 WIB
Potret kereta cepat Jakarta Bandung.
Potret kereta cepat Jakarta Bandung. /PT KCIC/

PRFMNEWS - Saat ini Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sedang dalam tahap uji coba dengan kecepatan yang ditingkatkan secara bertahap. Saat ini, kecepatan maksimal yang baru dicapai KCJB baru di angka 180 km/jam.

Nantinya, KCJB akan melesat dengan puncak kecepatan teknis di 385 km/jam. Namun sebelum mencapai kecepatan maksimal itu, perlu dilakukan berbagai penyempurnaan prasarana di berbagai aspek.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, penyempurnaan prasarana KCJB ini merupakan tindaklanjut dari berbagai evaluasi perjalanan Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi KCJB. Melalui Kereta Inspeksi tersebut, berbagai aspek prasarana diukur keandalannya melalui peralatan-peralatan yang terpasang.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Kereta Cepat akan Perpanjang Rute Bandung-Surabaya Via Bandara Kertajati

“Setelah sebelumnya dapat dilalui dengan kecepatan hingga 180 km/jam secara aman, saat ini seluruh kontraktor KCJB sedang melakukan peningkatan kualitas prasarana sehingga kecepatan KA Cepat terus ditingkatkan secara bertahap. Penyempurnaan prasarana yang dimaksud dilakukan pada aspek jalur, sinyal, komunikasi, kelistrikan, hingga pengamanan,” ujar Emir.

Penyempurnaan pada jalur dilakukan dengan memadatkan batu ballast pada rel sehingga jalur rel semakin kokoh, stabil, dan minim guncangan saat dilalui Kereta Inspeksi dengan kecepatan yang lebih tinggi. Aspek selanjutnya adalah penyelarasan kabel Overhead Catenary System (OCS) atau Listrik Aliran Atas (LAA). Penyelarasan ini bertujuan agar kabel LAA yang digunakan tidak mengalami penipisan yang membuat distribusi listrik terganggu.

Dilakukan pula penyetelan frekuensi sinyal yang tujuannya untuk mendapatkan sinyal paling jernih yang bisa diterima oleh sarana dan prasarana KCJB. Aspek terakhir adalah melakukan pengecekan komunikasi untuk memastikan jalur GSMR yang digunakan KCJB tidak terganggu oleh sinyal telepon atau sinyal komunikasi lain selain sinyal komunikasi yang digunakan oleh KA Cepat.

Baca Juga: Polda Jabar Terus Lakukan Pengamanan di Sekitar Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x