Soal Ida Dayak, Dokter Ortopedi Ungkap Persamaan-Perbedaan Terapi Cedera Tulang Medis dan Tradisional

- 8 April 2023, 17:20 WIB
Terkait metode penyembuhan patah tulang Ida Dayak, Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dr. Oryza Satria, Sp.OT (K) berika tanggapan
Terkait metode penyembuhan patah tulang Ida Dayak, Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dr. Oryza Satria, Sp.OT (K) berika tanggapan / (ANTARA/Dok-Oryza Satria)

PRFMNEWS – Pengobatan tradisional Ida Dayak yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk cedera tulang menggunakan minyak bintang tengah viral di media sosial.

Dokter spesialis ortopedi tulang dan traumatologi dr. Oryza Satria turut menanggapi pengobatan tradisional ala Ida Dayak dengan menggunakan minyak bintang ini.

Menurut dokter Oryza Satria, ada perbedaan dan persamaan terkait prinsip pengobatan tradisional Ida Dayak dengan penanganan pasien cedera tulang dalam dunia medis secara ilmu kedokteran.

Baca Juga: Jadwal Adzan Maghrib Wilayah Kota Bandung Hari Ini Sabtu 8 April 2022

Oryza Satria mengatakan, baik pengobatan tradisional cedera tulang seperti dilakukan Ida Dayak maupun medis, sama-sama harus menerapkan prinsip tidak boleh menyakiti/memperparah keadaan pasien.

"Dalam keilmuan medis, khususnya ortopedi, ada satu prinsip yang wajib diterapkan, yakni first, do no harm, artinya apapun tindakan yang dilakukan kepada pasien, sebisa mungkin tidak menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit, atau nyeri pada pasien. Intinya jangan membuat pasien merasa kesakitan, baik pengobatan tradisional maupun medis sebaiknya mengikuti kaidah itu," jelasnya, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Sedangkan terkait perbedaan, Oryza menyampaikan bahwa keilmuan dalam dunia medis sangat memerinci standar penanganan pasien cedera tulang dalam berbagai kondisi yang dialaminya.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Nama Cendol Elizabeth Kota Bandung, 'Si Hijau' yang Diserbu Setiap Bulan Puasa

Kendati begitu, dia tidak menyalahkan ataupun membenarkan teknik pengobatan cedera tulang Ida Dayak secara tradisional memakai minyak bintang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x