Waspada! Kemenkes Ingatkan Indonesia Jadi Negara dengan Jumlah Kematian Terbanyak di Dunia Akibat Flu Burung

- 7 Maret 2023, 08:15 WIB
Ilustrasi flu burung.
Ilustrasi flu burung. /REUTERS/DADO RUVIC/

PRFMNEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan pentingnya pencegahan flu burung. Sebab, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kasus kematian manusia akibat infeksi virus H5N1 penyebab flu burung yang terbanyak di dunia.

“Jadi flu burung juga harus diwaspadai karena yang sakit itu hewannya, tapi dia bisa menular ke manusia,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi dalam Siaran Sehat dilansir dari ANTARA, 7 Maret 2023.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Imran mengatakan, ada 871 kasus terkait flu burung pada manusia sejak kasus flu burung ditemukan pada tahun 2003 hingga 2023. Dari jumlah tersebut, tercatat ada 458 kematian akibat flu burung pada manusia.

Baca Juga: Waspada Flu Burung, Simak Bagaimana Gejala dan Cara Pencegahannya

Sebanyak 168 di antaranya terjadi di Indonesia, menjadikannya sebagai negara dengan kematian manusia akibat flu burung terbanyak di dunia.

Jumlah kematian tersebut disusul oleh Mesir 120 jiwa, Vietnam 64 jiwa, Kamboja 38 jiwa, dan Cina 32 jiwa merujuk dari data yang sama.

“Semua kasus yang terpapar unggas terinfeksi, berasal dari kontak langsung,” kata Imran.

Baca Juga: Ciri-ciri Ayam dan Bebek yang Terpapar Virus Flu Burung, Simak Penjelasan DKPP Kota Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x