Asik! Pemerintah Kasih Subsidi Beli Motor Listrik Rp7 Juta per Unit di Tahun ini

- 7 Maret 2023, 06:45 WIB
PENGUNJUNG mengendarai sepeda motor listrik pada pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).*
PENGUNJUNG mengendarai sepeda motor listrik pada pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).* / M RISYAL HIDAYAT/ANTARA

 PRFMNEWS – Pemerintah siap memberlakukan kebijakan insentif atau subsidi sebesar Rp7 juta untuk pembelian tiap unit sepeda motor listrik pada tahun 2023 ini.

Bantuan subsidi Rp7 juta ini akan diberikan terhadap pembelian 250.000 unit motor listrik pada 2023 atau dengan total anggaran sekira Rp1,7 triliun.

Kabar pemberian subsidi Rp7 juta untuk beli satu unit motor listrik pada 2023 ini diungkap Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu.

Baca Juga: Pengemudi Ojol Sambut Baik Rencana Pemberian Subsidi Pada Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

Febrio menjelaskan, bantuan subsidi ini terbagi atas 200.000 unit untuk pembelian motor listrik baru, dan 50.000 unit untuk konversi motor konvensional berbahan bakar fosil menjadi motor listrik.

"Untuk yang bantuan pemerintah untuk pembelian sepeda motor listrik baru sebesar Rp7 juta per unit sepeda motor untuk 200.000 unit di tahun 2023," kata Febrio, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 6 Maret 2023.

Febrio menambahkan, syarat motor listrik baru yang akan mendapat bantuan pemerintah tersebut yakni hasil produksi Indonesia dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persen atau lebih.

Baca Juga: Pakar Transportasi Nilai Rencana Subsidi Pembelian Motor Listrik untuk Ojol Kurang Tepat

Adapun produsen motor listrik yang mendapatkan insentif, lanjutnya, adalah mereka yang memenuhi kriteria yaitu tidak menaikkan harga jual selama masa pemberian bantuan dan berkomitmen memproduksi sepeda motor dalam jumlah tersebut.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x