Maling 350 Ton Beras Bulog Dicokok Polisi, Jadi Biang Kerok Harga Beras Meroket

- 11 Februari 2023, 11:00 WIB
Direktur Utama Perum Bulog Komjen Pol Purn. Budi Waseso didampingi Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto saat memberikan keterangan pers.
Direktur Utama Perum Bulog Komjen Pol Purn. Budi Waseso didampingi Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto saat memberikan keterangan pers. /PMJNews/

 

PRFMNEWS – Tujuh mafia beras yang memakai 350 ton beras operasi pasar (OP) dari beras Bulog untuk dijual lagi dengan harga tinggi setelah dioplos dan dikemas ulang ditangkap polisi.

Praktik kecurangan oknum pedagang beras nakal ini terungkap saat Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) bersama Polda Banten mengamankan barang bukti penyimpangan distribusi beras impor premium milik Bulog pada Jumat, 10 Februari 2023.

Buwas menjelaskan, mafia beras tersebut membeli beras Bulog seharga Rp8.300 kemudian mengemas ulang memakai karung beras kemasan premium berbagai merek dan dijual dengan harga rata-rata Rp12.000 per kilogram.

 Baca Juga: Polda Banten Amankan Para Pelaku Penyelewengan 350 Ton Beras Bulog

“Memang naluri saya sebagai mantan polisi, saya bilang pasti ada pelanggaran itu kenapa pada saat itu saya sidak yang tidak direncanakan, sehingga saya menemukan pelanggaran itu (di Pasar Induk Beras Cipinang). Seperti persis hari ini ditemukan oleh Polda Banten,” ucapnya, dikutip dari ANTARA.

Buwas mengatakan para mafia beras ini hanya meraup keuntungan pribadi dengan memanfaatkan momentum program operasi pasar dari pemerintah tanpa memikirkan kondisi masyarakat luas.

“Pengusahanya ini mendapat untung yang luar biasa, dia tidak mempertimbangkan kebutuhan masyarakat, kemampuan masyarakat membeli. Mereka hanya mencari keuntungan dan memanfaatkan operasi beras Bulog yang kita laksanakan masif untuk mencari keuntungan setinggi-tingginya,” jelasnya.

 Baca Juga: Atasi Kenaikan Harga Beras, Jokowi Minta Bulog Gencarkan Operasi Pasar

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x