BMKG Ungkap Fakta Potensi Gempa Jakarta Akibat Kondisi Sesar Baribis yang Aktif

- 27 Juni 2022, 09:55 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM


PRFMNEWS – Fakta terkait potensi terjadinya gempa di wilayah Jakarta akibat keberadaan Sesar Baribis yang dinyatakan aktif diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG membenarkan bahwa Sesar Baribis di selatan Jakarta terbukti aktif dengan estimasi laju geser mencapai sekitar 5 milimeter per tahun.

Aktivitas pergeseran Sesar Baribis inilah yang disebut BMKG dapat memicu terjadinya gempa di kawasan selatan Jakarta seperti yang sejauh ini pernah terjadi meski dengan skala magnitudo relatif kecil 2,3 sampai 3,1.

Baca Juga: Bagnaia Juarai MotoGP Belanda, Akui Beruntung Bahwa Olahraga Balap ini Ada Dalam Kehidupannya

Kondisi Sesar Baribis aktif sehingga berpotensi memicu adanya gempa di selatan Jakarta ini menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono didukung hasil monitoring peralatan sensor seismograf.

“BMKG mengapresiasi hasil kajian tentang aktifnya Sesar Baribis di selatan Jakarta, yang terbit di jurnal bergengsi Scientific Reports (Nature) pada tahun ini,” tuturnya, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA pada Senin, 27 Juni 2022.

Hasil kajian tersebut, lanjutnya, tentu sangat valid karena didukung dengan data gempa hasil monitoring BMKG dan data primer hasil observasi lapangan oleh tim peneliti menggunakan peralatan mutakhir didukung dengan metode yang sahih.

Baca Juga: Mengenal Gelang yang Dipakai Jemaah Haji, Ternyata Produk Asli Indonesia

Dalam hasil kajian tersebut, Daryono menjelaskan potensi gempa bisa terjadi di sepanjang jalur Sesar Baribis dan sekitarnya seperti kota besar selain Jakarta antara lain, Bekasi, Bogor, Tangerang, Karawang, dan Purwakarta.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x