Rencana Rekayasa Lalin di Tol Layang MBZ dan JORR, Cegah Macet Panjang Arus Balik dari Cikampek ke Jakarta

- 6 Mei 2022, 09:00 WIB
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 dan Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) di Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Polri menggeser pintu masuk arus lalu lintas satu arah (one way) dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek ke Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama).
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 dan Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) di Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Polri menggeser pintu masuk arus lalu lintas satu arah (one way) dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek ke Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama). /Foto: Antara/M Risyal Hidayat/nz/

PRFMNEWS – Polda Metro Jaya siapkan rencana rekayasa lalu lintas (lalin) untuk cegah kemacetan panjang kendaraan arah Cikampek ke Jakarta saat puncak arus balik Lebaran 2022.

Rencana rekayasa lalin saat puncak arus balik Lebaran 2022 menuju Jakarta akan diberlakukan di Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Sheikh Mohammed bin Zayed (Tol MBZ) dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Rencana pemberlakukan rekayasa lalin di Tol Layang MBZ dan JORR jika terjadi kemacetan parah saat puncak arus balik Lebaran 2022 disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

Baca Juga: Jadwal Masuk Sekolah di Jabar Setelah Libur Lebaran Jadi Tanggal 12 Mei 2022

Zulpan mengatakan, salah satu rencana rekayasa lalin yang akan diterapkan di Tol JORR yakni arus kendaraan yang melintasi jalur tol bawah Cikampek-Jakarta akan dikeluarkan melalui Tol JORR ke arah Cikunir.

“Rekayasa lalu lintas di Tol JORR tersebut dilakukan jika terjadi kepadatan di Gerbang Tol (GT) Halim Utama,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari PMJ News.

Sedangkan, lanjut Zulpan, rekayasa lalin di Tol Layang MBZ akan diberlakukan jika arus kendaraan di Tol Cikampek menuju Jakarta saat arus balik mengalami kepadatan.

Baca Juga: Pemudik Diimbau Ikuti Jadwal One Way saat Arus Balik ke Jakarta Mulai Jumat Besok

"Kemudian, jika kepadatan juga terjadi di Tol Cikampek arah Jakarta, maka seluruh kendaraan yang melalui Tol Layang MBZ akan dikeluarkan menuju Tol Cikunir – Lingkar Luar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x