Puluhan Ribu Buruh Akan Gelar Aksi Jelang May Day

- 19 April 2020, 20:30 WIB
RATUSAN massa buruh pabrik terbesar di Cianjur melakukan aksi pra-Hari Buruh, di Kantor DPRD Cianjur, Selasa, 30 April 2019. Massa menyampaikan sejumlah aspirasi, terkait kesempatan kerja pekerja lokal dan juga hak-hak dasar yang tidak dipenuhi perusahaan.*/SHOFIRA HANAN/PR
RATUSAN massa buruh pabrik terbesar di Cianjur melakukan aksi pra-Hari Buruh, di Kantor DPRD Cianjur, Selasa, 30 April 2019. Massa menyampaikan sejumlah aspirasi, terkait kesempatan kerja pekerja lokal dan juga hak-hak dasar yang tidak dipenuhi perusahaan.*/SHOFIRA HANAN/PR /Shofira Hanan/

 

BANDUNG, (PRFM) – Aksi Tolak Omnibus Law, Stop PHK, dan Liburkan Buruh dengan Upah Penuh dikabarkan akan digelar pada 30 April 2020 atau menjelang peringatan hari buruh internasional (May Day).

Aksi ini diperkirakan akan diikuti puluhan ribu yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI).

Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan, aksi tersebut akan dipusatkan di Gedung DPR RI dan Kantor Menko Perekonomian RI.

"Surat pemberitahuan aksi kepada Mabes polri dan Polda Metro Jaya sudah disampaikan pada hari Jumat tanggal 17 April kemarin," kata Iqbal dalam keterangan resmi KSPI yang diterima Redaksi PRFM, Minggu (19/4/2020).

Baca Juga: Pemkot Bandung Rencanakan Simulasi PSBB

Pada tanggal yang sama, kata Iqbal, aksi juga akan dilakukan di Serang Banten, Bandung Jawa Barat, Semarang Jawa Tengah, Surabaya Jawa Timur, Jogjakarta, Banda Aceh Aceh, serta Batam Kepulauan Riau.

Lebih lanjut, aksi buruh juga akan dilakukan di Medan Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Palembang Sumatera Selatan, Lampung, Manado Sulawesi Utara, Makassar Sulawesi Selatan, Gorontalo, Manado Sulawesi Utara, Banjarmasin Kalimantan Selatan, Samarinda Kalimantan Timur, Maluku, dan Papua.

Baca Juga: Penyebar Hoaks COVID-19 Diancam Denda Rp 1 Miliar dan Penjara 6 Tahun

"Dengan argumentasi yang sama, seharusnya pihak Polda di seluruh wilayah Indonesia dan Mabes Polri mengizinkam buruh untuk aksi dalam peringatan May Day yang dipercepat peringatannya pada tanggal 30 April di depan DPR RI, Kantor Perekonomian RI dan Kantor Gubernur di seluruh Indonesia," tutur Iqbal.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x