3 Kelompok ini Rentan Alami Gejala Berat Omicron dan Butuh Perawatan Ekstra

- 4 Februari 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi Omicron.
Ilustrasi Omicron. /prfmnews/

PRFMNEWS – Tidak semua pasien yang positif Covid-19 varian Omicron akan mengalami gejala ringan dan bisa isolasi mandiri di rumah.

Ada tiga kelompok yang ternyata rentan alami gejala berat ketika terinfeksi Omicron dan butuh menjalani perawatan ekstra di rumah sakit.

Dokter Spesialis Penyakit Paru dari RSUP Persahabatan Jakarta Timur, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengatakan, gejala berat pasien positif Omicron rentan dialami bagi lansia.

“Gejala penyakit yang ditimbulkan oleh Omicron memang lebih ringan daripada Delta. Namun hal ini perlu diwaspadai, sebab gejala ringan terjadi pada mereka yang sehat dan muda,” kata Erlina, dikutip prfmnews.id dari ANTARA hari ini Jumat, 4 Februari 2022.

Baca Juga: Begini Wajah Baru Jalan Malioboro Setelah 1.800 PKL Direlokasi

Erlina menambahkan, selain lansia, ada pula dua kategori kelompok lain yang rentan menderita gejala berat ketika terinfeksi Omicron sehingga perlu dirawat di rumah sakit.

Kategori kelompok tersebut, yakni anak-anak balita yang belum divaksin dan orang dengan komorbid atau penyakit bawaan yang kronis dan tidak terkendali.

“Dengan sistem imun yang turun, orang-orang dengan kelompok tersebut dapat mudah tertular, apalagi jika lansia dengan komorbid dan belum divaksinasi, ujarnya.

Baca Juga: Kota Bandung Lanjutkan Kerja Sama dengan Jepang di Bidang Ketenagakerjaan hingga Manajemen Limbah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Antara Kupang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x