Gegara Omicron, Kemenag Tunda Perjalanan Umroh: Ini Keputusan yang Pahit

- 19 Desember 2021, 09:05 WIB
 ilustrasi umroh dan haji.
ilustrasi umroh dan haji. /pexels/haydanassoendawy


PRFMNEWS - Pemerintah menunda keberangkatan umroh hingga tahun 2022. Alasan penundaan karena tingginya penyebaran Covid varian baru Omicron.

Setelah adanya himbauan dari Presiden dan arahan Menteri Agama, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief meminta agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kami tentu mengutamakan aspek perlindungan jemaah di tengah pandemi Covid-19, terlebih lagi setelah adanya varian baru Omicron. Maka, keberangkatan jemaah umrah ditunda hingga awal tahun 2022," tutur Hilman, sebagaimana dikutip prfmnews.id dari laman Kemenag.go.id hari ini Minggu, 19 Desember 2021.

Baca Juga: Varian Omicron Masuk Indonesia, Jabar Cek Oksigen dan Semua Perlengkapan Seperti Hadapi Varian Delta

Ia mengakui, ada kekecewaan dan kesedihan karena rencana umrah sudah lama tertunda. Namun, semua pihak memahami kondisi pandemi yang belum usai, bahkan muncul varian baru.

Dirinya berharap, semoga semuanya segera kembali dalam kondisi membaik.

"Penundaan ini tentu keputusan yang pahit. Tapi ini dilakukan demi kebaikan bersama. Kami harap semua bisa memahami dan semoga ada hikmah dari keputusan ini," katanya.

Baca Juga: Rotasi Tubuh Polri, Ketua KPK Firli Bahuri Dimutasi, Siapa Penggantinya?

Baca Juga: Kelompok WNA Ini Tidak Wajib Karantina Covid-19 saat Tiba di Indonesia, Salahsatunya Kategori Orang Terpandang

Kemenag sebagai regulator dan pengawas penyelenggara ibadah umrah, terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terlibat untuk mengupayakan terselenggaranya ibadah umrah yang sehat dan aman.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x