Yang Ditunggu-tunggu, Akhirnya Arab Saudi Buka Pintu Umroh untuk Jemaah Indonesia

- 10 Oktober 2021, 07:38 WIB
ilustrasi umroh.
ilustrasi umroh. /Haydan As-soendawy/pexels-haydanassoendawy


PRFMNEWS - Kabar terbaru terkait ibadah umroh, pemerintah menyebut jemaah asal Indonesia sudah diperbolehkan kembali melaksanakan umroh ke Arab Saudi.

Hal ini terwujud setelah pemerintah melakukan lobi negosiasi yang cukup panjang dengan Kerajaan Arab Saudi. Hasilnya menggembirakan, Kerajaan Arab Saudi membuka pintu kedatangan umroh untuk jemaah Indonesia.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam keterangan resminya, Sabtu 9 Oktober 2021.

Baca Juga: Info Umroh Terbaru 2021: 12 Ribu Jemaah yang Umroh Semua Pakai Vaksin Selain Sinovac

Retno menjelaskan, saat ini komite khusus di Arab Saudi tengah bekerja untuk meminimalisir hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah Indonesia untuk melakukan ibadah umroh.

Soal permasalahan jenis vaksin Sinovac yang sempat dilarang, saat ini pemerintah sedang membahas dan mencari jalan keluarnya.

"Kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah," ucap Retno.

Baca Juga: Info Haji dan Umroh Terbaru 2021, Kemenag Bertemu Dubes Arab untuk Lobi Keberangkatan

Retno juga mengatakan, jemaah umroh yang masuk Arab Saudi nantinya akan dikarantina selama 5 hari, khusus jemaah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

"Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x