BPBD Pastikan Kebutuhan Logistik Warga Terdampak Erupsi Tercukupi

- 10 Desember 2021, 14:49 WIB
Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Terus Berdatangan, WOM Finance Turut Serta Sumbang Paket Sembako dan Logistik.
Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Terus Berdatangan, WOM Finance Turut Serta Sumbang Paket Sembako dan Logistik. /Rifqi Danwanus/KabarLumajang./

PRFMNEWS - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Indra Wibowo Leksana menyampaikan informasi bahwa berbagai pihak telah memberikan dukungan yang luar biasa terhadap penanganan darurat pasca erupsi Gunung Semeru.

Indra menyatakan bahwa bantuan logistik untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru, banyak dan berlebih.

Bantuan terkait logistik tersebut, diisampaikan dalam rapat koordinasi Pos Komando (Posko) penanganan darurat di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Kamis 9 Desember 2021 kemarin.

Baca Juga: Pusat Vaksinasi Buat Pohon Natal Setinggi 3 Meter dari 19 Ribu Vial Bekas Vaksin Covid-19

BPBD Lumajang telah menjangkau 21 kecamatan sampai ke titik-titik pengungsian untuk pendistribusian bantuan logistik.

Indra pun mengimbau warga yang ingin memberikan bantuan logistik berupa barang atau dana kepada warga terdampak, jika dana nantinya akan dibutuhkan untuk relokasi pengungsian.

“Terkait dengan logistik, kami berharap untuk sementara logistik cukup banyak. Apabila memungkinkan bantuan tidak berupa barang, diwujudkan berupa dana. Dana ini akan dibutuhkan untuk relokasi pengungsian,” tambahnya.

Baca Juga: Pihak Rumah Sakit Sebut Oded Terindikasi Alami Serangan Jantung

Sementara itu, logistik bantuan tidak hanya ditujukan langsung kepada warga penyintas atau pun terdampak, tetapi juga keperluan dapur umum.

Koordinator Dapur Umum Tagana Kabupaten Lumajang Fariz mengatakan, kebutuhan logistik sebagian diambil dari pos logistik juga dari alokasi anggaran untuk keperluan bumbu-bumbu makanan dan pembungkus makanan.

Dapur ini dioperasikan Tagana dari beberapa kabupaten, seperti Banyuwangi, Jember, Jawa Tengah, Bondowoso dan Pasuruan, serta dibantu para warga.

"Rata-rata kami menyiapkan untuk 1.800 bungkus dan sesuai permintaan,” ujar Fariz.

Baca Juga: Oded Meninggal Dunia, Ridwan Kamil Ucap Bela Sungkawa Disertai Foto Kenangan bersama Sang Wali Kota Bandung

Sebelum memasak BPBD Lumajang menerima permintaan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya untuk warga terdampak saja, dapur umum tersebut juga menyediakan makanan bagi relawan dan petugas yang berada di sekitar wilayah itu.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x