Lanjutkan Cita dan Harapan Pendiri, IKA-PPI Pajagalan Bandung Akan Gelar Pelantikan Pengurus dan Muskernas

- 28 Mei 2021, 16:00 WIB
Ikatan Alumni Pesantren Persatuan Islam (IKA-PPI) Pajagalan Bandung menggelar pelantikan pengurus dan Musyawarah Kerja NasionaI (Munas) I.
Ikatan Alumni Pesantren Persatuan Islam (IKA-PPI) Pajagalan Bandung menggelar pelantikan pengurus dan Musyawarah Kerja NasionaI (Munas) I. /Dok IKA PPI Bandung

 

PRFMNEWS - Ikatan Alumni Pesantren Persatuan Islam (IKA-PPI) Pajagalan Bandung akan menggelar pelantikan pengurus dan Musyawarah Kerja NasionaI (Munas) I.

Pelantikan pengurus ini dilakukan sebagai upaya pelaksanaan amanat Munas I dimana diantara tujuan utamanya ialah melanjutkan cita, harapan serta kiprah para founding father Pesantren Persatuan Islam (PPI) pertama tersebut.

Kegiatan pelantikan IKA-PPI Pajagalan Bandung ini akan dilaksanakan di Kota Bandung pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 bertempat di Savoy Homan, Bidakara Hotel.

Baca Juga: Soal Harga Kedelai Melambung, Kadisdagin Kota Bandung: Amerika Serikat Belum Masuk Masa Panen

PPI no 1 yang sering dikenal dengan Pesantren Pajagalan Bandung ini merupakan cikal bakal dari lahirnya ratusan pesantren Persis se-Indonesia.

Ia menjadi madrasah utama lahirnya para ulama dan pendidik yang mengabdi serta mengembangkan dakwah Islam selepas purna tugas pendidikan mereka di pesantren.

Bahkan ketua umum Persatuan Islam saat ini, pemimpin Pondok Pesantren Persis 99 Rancabango, Kabupaten Garut merupakan jebolan PPI Pajagalan Bandung.

Dirintis pada tahun 1936 oleh A. Hassan yang merupakan guru besar Persis dan para muridnya, pesantren ini adalah pesantren pertama yang menerapkan bentuk klasikal, dimana kala itu umumnya pesantren menerapkan sistem sorogan dan bandongan atau wetonan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak, DPR: Kewaspadaan Harus Ditingkatkan, Apalagi Varian Baru Sudah Masuk

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x