Pascakasus Korupsi Bansos, Paket Sembako Jabodetabek Diganti Jadi BLT dan Diantar Langsung ke Rumah

- 31 Desember 2020, 08:13 WIB
Dokumentasi, Menteri Sosial Juliari P Batubara (kiri) meninggalkan ruang pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu 6 Desember 2020. Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan Covid-19 di Kementerian Sosial usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemensos.
Dokumentasi, Menteri Sosial Juliari P Batubara (kiri) meninggalkan ruang pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu 6 Desember 2020. Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan Covid-19 di Kementerian Sosial usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemensos. /ANTARA FOTO/Galih Pradipta


PRFMNEWS - Pemerintah akan mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) secara serempak mulai Januari 2021.

Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan, pada tahun 2021 bansos akan berjalan seperti biasa dan dengan skema yang sama dengan tahun sebelumnya.

Namun, khusus untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema bantuan berupa sembako, pada 2021 akan diubah menjadi bantuan langsung tunai (BLT) yang nanti akan diantar langsung oleh tenaga dari PT Pos ke rumah masing-masing penerima manfaat.

Baca Juga: Mensos Risma Salurkan 3 Jenis Bansos Ini Mulai Januari 2021

"Jadi tidak perlu datang ke kantor Pos karena nanti kalau datang ke kantor Pos kita khawatirkan nanti timbul kerumunan. Karena itu akan diantar ke masing-masing alamat dengan teknik yang sudah diatur oleh Ibu Mensos, Ibu Risma," ujar Muhadjir dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa 29 Desember 2020.

Selain itu, ia menjelaskan target jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2021 tetap 10 juta KPM. Sedangkan untuk BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) akan disalurkan kepada 18,8 juta penerima manfaat.

Baca Juga: Resmi! Cek Poin Diberlakukan Saat Malam Tahun Baru di Kota Bandung, di Sini Lokasinya

Baca Juga: Mensos Risma Minta Penerima Bansos Tak Belanjakan Uang BLT untuk Beli Rokok

Seperti diketahui sebelumnya, eks Menteri Sosial Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap senilai Rp17 miliar dari fee pengadaan bantuan sosial sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Jabodetabek.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x