Gempa Brebes Hari Ini Dipicu Sesar Brebes, BMKG: Patut Diwaspadai

- 11 Desember 2020, 10:41 WIB
ILUSTRASI gempa bumi
ILUSTRASI gempa bumi /PRFM/.*/PRFM


PRFMNEWS - Gempa bumi M 4,2 yang mengguncang wilayah Brebes, Kuningan, Cirebon dan sekitarnya pada Jumat 11 Desember 2020 pukul 05.51 WIB disebabkan akibat aktivitas Sesar Brebes.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas Sesar Brebes.

Jalur Sesar Brebes ini di peta terletak di sebelah barat daya Kota Brebes yang struktur sesarnya memanjang sekitar 22 kilometer berarah barat-timur, memiliki magnitudo tertarget 6,5. Sesar ini merupakan bagian dari Baribis-Kendeng Fold Thrust Zone.

Baca Juga: Pagi Hari Tadi Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Sukabumi, BMKG: Dipicu Aktivitas Sesar Dasar Laut

Baca Juga: Pagi Tadi Rancabali Bandung Diguncang Gempa, BMKG: Dipicu Sesar Garsela

"Dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) dan laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Brebes, Kuningan, dan Cirebon dengan Skala Intensitas II-III MMI dimana guncangan dirasakan seakan akan ada truk berlalu," ujar Daryono dalam keterangan tertulisnya, Jumat 11 Desember 2020.

Kendati demikian, ia menuturkan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan bangunan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Berdasarkan catatan, Sesar Brebes ini terakhir kali aktif pada 13 Juli 2013 yang juga mengguncang wilayah Brebes dan Kuningan berkekuatan M 4,7.

Baca Juga: Waspada! Hari Ini Masih Ada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Bandung Raya

Dampak gempa saat itu tercatat ada 36 jiwa atau 9 kepala keluarga yang terdampak gempa, 2 rumah rusak berat di Dukuh Sindangsari dan Kastori, sedangkan 7 rumah rusak ringan di Dukuh Pasir Salem.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x