Gempa Tektonik Terasa di Kabupaten Garut Malam Ini, BMKG: Kedalaman Gempa 5 KM

- 5 Desember 2020, 20:49 WIB
ILUSTRASI gempa bumi
ILUSTRASI gempa bumi /PRFM/.*/PRFM

PRFMNEWS – Gempa bumi tektonik dikabarkan terjadi pada Sabtu 5 Desember 2020, pukul 19.24 WIB. Gempa tersebut diketahui terjadi di wilayah Garut, Jawa Barat.

Menurut hasil analisa Badan Klimatologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 3.0. Episenter terletak pada koordinat 7.61 LS dan 107.44 BT, atau tepatnya pada jarak 67 km barat daya Garut, pada kedalaman 5 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat,” tegas BMKG dalam siaran pers yang diterima PRFM, Sabtu 5 Desember 2020.

Baca Juga: Streaming Liga Inggris Chelsea versus Leeds United: Pertandingan Pertama Setelah 16 Tahun

Adapun, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Garut bagian Selatan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Sementara hingga pukul 20:13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Baca Juga: KSP Sebut Lembaga Pemantau Pemilu Miliki Peran Penting dalam Pilkada Bebas Covid-19

BMKG pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x