Pagi Hari Tadi Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Sukabumi, BMKG: Dipicu Aktivitas Sesar Dasar Laut

- 29 November 2020, 07:01 WIB
ILUSTRASI gempa bumi
ILUSTRASI gempa bumi /PRFM/.*/PRFM

PRFMNEWS – Gempa terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya pada Minggu, 29 November 2020 sekira pukul 04.07 WIB.

Menurut data Badan Klimatologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 4,9 SR dengan titik pusat gempa berada di 7,69 LS dan 106,44 BT, tepatnya di laut pada jarak 78 km arah barat daya Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 21 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut," ujar BMKG dalam siaran pers, Minggu 29 November 2020.

Baca Juga: Klasemen Sementara Liga Spanyol: Keok di Kandang, Madrid Kian Tertinggal dari Real Sociedad

Baca Juga: Klasemen Sementara Liga Inggris: Liverpool Ambil Alih Puncak Klasemen, Man City di Papan Tengah         

Adapun dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) dan berdasarkan laporan dari masyarakat, menunjukkan bahwa gempa ini dirasakan  di Tegalbuleud Kab. Sukabumi dalam skala intensitas II-III MMI dimana guncangan dirasakan seakan-akan ada truk berlalu. 

Beberapa warga sempat terkejut dan berusaha keluar rumah. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Baca Juga: Ketimbang Dua Opsi Lain, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pilih Libur Akhir Tahun Dipersingkat

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x