BPOM Pastikan Pemerintah akan Berikan Vaksin yang Bermutu, Aman, dan Berkhasiat

- 8 Desember 2020, 08:48 WIB
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) Penny K. Lukito.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) Penny K. Lukito. /instagram.com/@pennyklukito

PRFMNEWS - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito menegaskan jika pemerintah berupaya memberikan vaksin covid-19 yang bermutu, berkhasiat, serta aman.

Oleh karenanya, meski vaksin covid-19 buatan Sinovac, China sudah tiba di Indonesia, tak langsung disuntikan kepada warga. Hingga saat ini Bio Farma bersama dengan tim dari FK Unpad masih melakukan uji klinis sebagai bahan pertimbangan BPOM untuk mengeluarkan Emergency Use Authorization.

"Saya yakin dengan komitmen pemerintah yang dikaitkan dengan komitmennya hanya memberikan vaksin yang bermutu, berkhasiat dan aman," kata Penny dalam sebuah video wawancara yang dipandu Juru Bicara (Jubir) Vaksin Covid-19 Indonesia dr Reisa Broto Asmoro yang ditayangkan di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin 8 Desember 2020.

Baca Juga: Disdik Kota Bandung Tetap Rancang Persiapan Sekolah Tatap Muka

Baca Juga: BPOM Akan Keluarkan Emergency Use Authorization untuk Vaksin Covid-19 Setelah Melakukan Pengujian

Baca Juga: Beredar Situs Lowongan Kerja Palsu, PLN Imbau Masyarakat Waspada Penipuan

Menurut Penny, Emergency Use Authorization akan diberikan jika mutu, keamanan, dan khasiat dari vaksin itu sudah lengkap.

"Badan POM hanya akan memberikan Emergency Use Authorization apabila memang data yang dikaitkan dengan mutu dan khasiat sudah cukup lengkap dan kami tentu akan menganalisanya engan para expert-nya dan dokter-dokter ahlinya," tegasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x