Mau Terbang dari Bandara Husein? Ini Rute yang Dilayani dan Syaratnya

- 25 Juni 2020, 11:36 WIB
Bandara Husein Sastranegara
Bandara Husein Sastranegara /Ade Bayu Indra/

PRFMNEWS - Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung telah kembali melayani penerbangan umum. Plt Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung, R Iwan Winaya Mahdar mengatakan, untuk rute yang sudah dibuka kembali adalah rute dari Bandara Husein menuju Surabaya, Tanjung Karang, Palembang, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta (Halim Perdanakusumah).

"Alhamdulillah sampai saat ini penumpang yang telah datang ke Bandara Husein itu sebanyak 1.287 penumpang. Sedangkan yang berangkat dari Bandung itu sejumlah 1.116 penumpang," kata Iwan saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (25/6/2020).

Untuk jumlah pesawat, kata Iwan, yang telah mendarat di Bandara Husein sebanyak 36 pesawat dari berbagai maskapai. Sedangkan yang berangkat mencapai 41 pesawat dari 1 hingga 24 Juni 2020.

Baca Juga: Cegah Klaster Pasar, Polresta Bandung Bagikan Face Shield kepada Pedagang di Pasar Tradisional

Iwan menjelaskan, sesuai aturan dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, kini setiap calon penumpang tak lagi diwajibkan menunjukan surat izin terbang. Hanya saja, selain harus memiliki tiket, kini calon penumpang diwajibkan memerlihatkan surat keterangan sehat dari covid-19 dengan menunjukan hasil rapid test yang berlaku 3 hari atau hasil tes swab (PCR) yang berlaku 7 hari.

"Atau boleh juga menunjukan surat keterangan bebas gejala dari influenza yang dikeluarkan dari rumah sakit atau puskesmas dari daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR atau rapid test," jelasnya.

Baca Juga: Jalan Protokol di Kota Bandung Ditutup Lagi, Epidemiolog Nilai Pemkot Berupaya Cegah Klaster Baru

Di Bandara Husein, kata Iwan, untuk memudahkan warga pihaknya pun menyiapkan fasilitas rapid test yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan farmasi. Penumpang yang surat keterangan hasil rapid testnya telah melewati massa berlaku bisa melakukan rapid test di lokasi tersebut.

"Nah itu ongkosnya Rp225 ribu untuk rapid test, dan hasilnya 15 menit sudah ada hasilnya," urainya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x