Perhatikan Perubahan Kulit Ini Sebagai Tanda-tanda Terkena Diabetes

- 10 November 2020, 22:02 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /PIXABAY/Tumisu


PRFMNEWS - Diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan terjadinya sebuah komplikasi penyakit dalam tubuh. Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan memiliki gaya hidup yang sehat dan rutin melakukan pengobatan.

Bagi penderita diabetes akan terjadi perubahan pada tubuhnya termasuk pada kulitnya. Simak berikut ini perubahan yang akan terjadi pada kulit sebagai kemungkinan adanya indikasi diabetes dalam tubuh yang dilansir PRFMNEWS dari Times of India.

1. Kulit Terasa Gatal dan Kering
Seseorang yang menderita penyakit Diabetes kemungkinan besar akan memiliki kulit yang kering. Selain itu kulit yang kering tersebut akan terasa gatal. Penyebabnya yaitu sirkulasi darah pada seseorang yang terkena diabetes menjadi kurang baik. Sehingga membuat kulitnya menjadi gatal dan kering.

Baca Juga: Ragam Manfaat Garam untuk Kesehatan Kulit

2. Bercak Kuning Bersisik di sekitar Kelopak Mata
Kondisi xanthelasma adalah salah satu tanda bahwa seseorang tersebut memiliki penyakit diabetes yang tidak terkontrol. Adapun yang terjadi pada seseorang penderita diabetes tidak terkontrol adalah kadar lemak yang tinggi dalam darah. Hal tersebut yang mengakibatkan pada sekitar mata terdapat bercak kuning bersisik pada kulit wajah.

3. Luka menjadi Lama Sembuh
Sirkulasi darah yang menjadi kurang baik serta terjadinya kerusakan pada saraf adalah penyebab dari kulit yang terluka akan menjadi lama dalam proses penyembuhannya. Hal itu terjadi akibat kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi untuk waktu yang cukup lama. Sehingga luka menjadi semakin lama untuk sembuh terutama pada kaki. Bahkan pada kaki akan menimbulkan luka terbuka yang disebut dengan ulkus diabetes.

4. Melepuh
Dalam beberapa kasus, penderita diabetes akan mengalami kulit yang melepuh. Lepuh itu akan dapat terlihat pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki dan lengan bawah. Lepuh ini berukuran besar dan tidak terasa nyeri seperti lepuh luka bakar.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ternyata Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan Kulit

5. Bercak Kulit Lebih Gelap seperti Beludru
Banyaknya jumlah insulin dalam darah mengakibatkan pada leher muncul bercak gelap atau pita kulit beludru. Selain itu bercak gelap dan pita kulit beludru dapat terlihat pada bagian tubuh lainnya seperti selangkangan dan lainnya.

6. Bercak Kuning, Merah dan Cokelat pada Kulit
Pada orang yang terindikasi diabetes terdapat bercak pada kulit yang berwarna kuning, merah atau cokelat. Bercak ini muncul berawal dari benjolan seperti jerawat yang muncul pada kulit. Setelah itu benjolan tersebut menjadi berkembang hingga membesar. Besarnya benjolan tersebut akan berubah menjadi bercak yang membengkak dan keras dan berwarna merah, kuning atau cokelat. (Dwi Nurul Hasanah/JOB)***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x