Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Bisa Bantu Kurangi Berat Badan hingga Meningkatkan Fungsi Otak

- 10 November 2020, 16:12 WIB
Sejumlah pegawai mengupas singkong yang merupakan bahan baku mocav, di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
Sejumlah pegawai mengupas singkong yang merupakan bahan baku mocav, di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. /Pikiran-rakyat.com/Eviyanti

PRFMNEWS - Selain nasi, singkong menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi di beberapa negara dikarenakan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Pasalnya, karbohidrat dibutuhkan agar tubuh memiliki energi, sehingga dapat memberi kekuatan dalam mengerjakan aktivitas dan kegiatan.

Selain itu, singkong juga kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini beragam manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi singkong secara seperti dikutip dari laman Loopslu.com:

Mengurangi Berat Badan
Salah satu cara untuk menghentikan diri agar berhenti mengemil adalah dengan mengonsumsi singkong.

Baca Juga: Jokowi Anugerahi Enam Tokoh Ini Sebagai Pahlawan Nasional, Salahsatunya dari Papua

Singkong kaya akan serat, sehingga mampu menahan diri agar tidak sering mengemil. Sebab, mengemil menjadi salah satu faktor yang dapat menaikkan berat badan, oleh karena itu dengan serat seseorang akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Membantu Kesehatan Pencernaan
Singkong selain dapat membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama juga dapat membantu dalam memberikan kesehatan pada sistem pencernaan.

 



Hal ini terjadi sebab singkong memiliki kaya akan serat. Serat tidak larut pada singkong bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap racun-racun yang terdapat pada usul dan meredakan radang yang terjadi dalam saluran pencernaan.

Membantu dalam Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang terdapat di dalam singkong memiliki manfaat untuk membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Update Kasus Corona di Indonesia per Hari Ini Selasa 10 November, Konfirmasi Positif Tambah 3.779

Penglihatan akan semakin tajam, sehingga membantu dalam mencegah kebutaan , rabun dan masalah penglihatan lainnya.

Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak
Mengonsumsi singkong secara rutin akan membantu dalam meningkatkan energi pada tubuh, sehingga dapat membuat otak dapat berpikir dengan baik. Energi sangat erat berkaitan dengan otak, sebab semakin tinggi energi yang dimiliki oleh seseorang maka semakin mudah untuk dapat berfikir.

Membantu Kesehatan Otot
Singkong memiliki kandungan protein, dimana protein ini bermanfaat bagi jaringan otot. Protein akan membantu dalam menjaga kesehatan dari otot. Sehingga otot akan dapat terlihat menjadi kuat dan ramping.***( Dwi Nurul Hasanah/JOB)

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah