Bukan Cuma Sehat, Ini Lho Beberapa Manfaat Mendaki Gunung

- 9 November 2020, 22:03 WIB
Potret aktivitas mendaki gunung.
Potret aktivitas mendaki gunung. //Eric Sanman/Pexels.com

PRFMNEWS – Mendaki gunung banyak menjadi hobi sebagian orang untuk mengisi waktu luang baik bersama teman, keluarga maupun diri Anda sendiri. Mendaki memang dinilai melelahkan, tetapi tahukah Anda bahwa kegiatan mendaki juga memiliki manfaat selain kesehatan.

Berikut PRFM rangkum beberapa manfaat mendaki gunung dilansir dari Tentree:

1.Pola makan sehat
Saat mendaki Anda pasti tahu makanan yang dapat menggantikan tenaga Anda yang terkuras. Seperti buah atau makanan lainnya selain junk food. Karena energi yang dihasilkan junk food tak akan seimbang untuk mengisi kembali tenaga Anda yang terkuras. Jadi saat Anda mendaki, secara tidak langsung Anda melakukan pola makan yang sehat karena makanan yang sehat dapat mengganti kembali tenaga Anda dengan baik.

2.Tidak mudah menyerah
Seorang pendaki pasti akan memiliki prinsip seperti ini, karena untuk mencapai puncak butuh perjuangan. Mendaki tak hanya akan membuat fisik lelah, namun juga pikiran yang terkuras. Lelah pasti akan mendera Anda tapi yakinkanlah bahwa Anda bisa mencapai puncak. Percayalah, perjuangan tak akan mengkhianati hasil. Jadi jangan mudah menyerah!

3.Bersyukur pada hal kecil
Saat Anda mendaki, cuaca bisa saja tak menentu, terik maupun dingin pasti akan terjadi selama pendakian apalagi yang sampai memakan banyak waktu untuk sampai ke puncak. Saat terik mendera, Anda akan sangat membutuhkan air dan sedikit pun air yang ada pasti akan selalu berarti. Saat Anda bersyukur pada hal kecil, Anda akan menghargai dan menjaga apa yang Anda miliki.

4.Bersiap saat perubahan datang
Mendaki bukanlah kegiatan yang dilakukan hanya dalam 1-2 jam, namun Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mencapai puncak yang tinggi. Saat mendaki cuaca akan mudah berubah dari terik ke hujan maupun sebaliknya.

Sebelum mendaki Anda akan memastikan barang apa saja yang akan dibawa untuk melindungi Anda dari gangguan yang sekiranya akan terjadi. Hal tersebut membuat Anda menjadi pribadi yang siap akan segala hal yang akan dihadapi. Segala persiapan sudah matang Anda lakukan untuk mempersiapkan apa yang akan terjadi di masa depan. (Dian Meilani/JOB)***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Tentree.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x