Lima Cara Mudah Hemat Baterai HP

- 18 Oktober 2020, 16:46 WIB
Ilustrasi mengisi baterai HP.
Ilustrasi mengisi baterai HP. /Pexels/Lukas



PRFMNEWS
- Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari kita selalu membutuhkan HP dengan kondisi baterai prima, baik untuk pekerjaan ataupun kegiatan lainnya.

Namun, terkadang dalam beberapa jam saja daya baterai HP cepat habis. Hal tersebut terjadi akibat beberapa faktor seperti aplikasi yang tidak terpakai tetap menyala ataupun beberapa aplikasi memakan daya baterai lebih banyak.

Berikut ini beberapa lima tips yang dapat Anda terapkan untuk menghemat baterai HP, seperti dilansir prfmnews.id dari The Indian Express:

Matikan GPS dan Bluetooth
Seringkali kita lupa untuk menonaktifkan GPS atau layanan lokasi dan Bluetooth setelah menggunakannya.

Tanpa disadari hal tersebut dapat mempercepat dalam mengurangi daya dari baterai. Sehingga perlu untuk segera mematikan aplikasi tersebut setelah selesai digunakan.

Baca Juga: PT KAI Bakal Tuntut Pengemudi dan Pemilik Truk Semen yang Tabrak Kereta Api di Bandar Lampung

Sebab, dengan membiarkan aplikasi tersebut tetap menyala akan menguras lebih besar daya baterai HP.

Turunkan Kecerahan Layar
Layar handphone dengan tingkat kecerahan yang tinggi akan membuat baterai HP lebih cepat terkuras.

Jika memungkinkan, sebaiknya turunkan kecerahan pada layar ponsel, sehingga hal tersebut dapat membantu daya ponsel untuk lebih lama bertahan.

Matikan Fitur Tampilan Selalu Aktif
Fitur yang dapat membuat pengguna melihat notifikasi, waktu, tanggal instan secara instan dan sekilas memang cukup baik.

Baca Juga: Pendaftar yang Berhak Terima BLT UMKM Rp2,4 Juta Akan Mendapatkan SMS dari Bank Penyalur

Namun, ternyata fitur tersebut membuat layar menjadi selalu menyala akibatnya baterai HP dengan cepat akan habis. Sebaiknya untuk menghemat daya baterai lebih baik matikan saja layar HP jika tidak sedang digunakan.

Nonaktifkan Aplikasi Latar Belakang
Untuk menghemat daya baterai perlu untuk mematikan aplikasi latar belakang.

Pasalnya, aplikasi latar belakang dapat membuat prosesor dari ponsel terus bekerja. Sehingga dapat memicu penurunan pada daya baterai dengan cepat.

Hindari menggunakan Wallpaper atau Widget Bergerak
Tampilan pada layar ponsel seperti widget dan wallpaper animasi dapat menyebabkan tampilan terus diperbarui atau tetap hidup.

Hal ini dapat memakan daya baterai lebih banyak, sehingga baterai HP dengan cepat akan habis. Sebaiknya gunakan wallpaper non animasi agar dapat menghemat penggunaan baterai.*** (Dwi Nurul Hasanah/JOB)

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: The Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x