Mudah dan Bisa Lewat HP, Begini Cara Cek Data Penerima Bansos dari Kemensos

- 15 Oktober 2020, 21:09 WIB
Laman website yang disediakan Kemensos untuk mengecek data penerima bantuan sosial atau bansos tunai. Bisa dicek dengan mudah lewat HP.
Laman website yang disediakan Kemensos untuk mengecek data penerima bantuan sosial atau bansos tunai. Bisa dicek dengan mudah lewat HP. /Tangkap Layar.

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia melalui Kemensos (Kementerian Sosial) turut memberikan bansos (bantuan sosial) bagi masyarakat yang bukan termasuk dalam program keluarga harapan (PKH). Pengecekan data calon penerima bansos ini bisa secara mudah dilakukan lewat HP masing-masing.

Bansos senilai Rp500 ribu itu diberikan Kemensos sebagai stimulus bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-10 secara ekonomi, meskipun bukan berasal dari program keluarga harapan.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk sebagai penerima Bansos Rp500 ribu, bisa dicek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Minta Camat Optimalkan Program Kerja

Setelah masuk pada halaman beranda, calon penerima bisa gunakan tiga alternatif untuk melakukan pengecekan, yakni ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Setelah pilihan identitas diisi, kita akan langsung bisa memasukan ID/nomor yang kita miliki serta mengisi nama lengkap di kolom akhir.

Baca Juga: Jumlah DPT di Pilkada Bandung Berkurang 4 Ribu Orang

Setelah itu masukan kode captcha sesuai dengan karakter huruf yang muncul di layar di bawah kolom. Kika sudah selesai lalu klik tombol ‘Cari’.

Sistem yang berada di laman cekbansos.siks.kemsos.go.id akan mencocokan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x