Pemprov Jabar Modifikasi Masker Kain yang Akan Diberikan Melalui Bansos Tahap 3

- 23 September 2020, 19:06 WIB
Situasi persiapan penyaluran bansos Provinsi Jabar tahap II di Gudang Bulog dan Kantor Pos Kota Tasikmalaya, Rabu (15/7/2020).**
Situasi persiapan penyaluran bansos Provinsi Jabar tahap II di Gudang Bulog dan Kantor Pos Kota Tasikmalaya, Rabu (15/7/2020).** /Dok Humas Pemprov Jabar.



PRFMNEWS
– Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memutuskan untuk memodifikasi masker kain yang akan diberikan melalui bansos tahap 3 kepada 1,9 juta warga terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar, Mohammad Arifin Soedjayana mengatakan, rencana modifikasi masker kain untuk bansos tahap 3 diputuskan setelah pihaknya menggelar pertemuan dengan Balai Besar Tekstil (BBT).

Dalam penilaian BBT, masker kain yang diberikan oleh Pemprov Jabar dalam penyaluran bansos tahap 2, tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca Juga: 3 Kali Tidak Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja? Kirim Surat Ini ke Email Manajemen Pelaksana Prakerja

“SNI untuk masker kain, menurut BBT minimal harus terdiri dari 2 lapis. Untuk masker scuba, menurut BBT tetap tidak memenuhi syarat karena hanya terdiri dari satu lapis kain. Tapi kalau masker scuba tersebut diproduksi dan dimodifikasi seperti masker medis, maka akan dimungkinkan,” beber Arifin saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 23 September 2020.

Untuk itu, sebelum memulai penyaluran bansos tahap 3, Pemprov Jabar akan memastikan bahwa masker kain yang bakal diterima 1,9 juta penerima manfaat bantuan, telah sesuai dengan SNI.

Adapun jumlah masker kain yang akan diproduksi untuk bansos tahap 3, kata Arifin, kurang lebih sebanyak 7,6 juta unit.

Baca Juga: Nathalie Holscher Jadi Mualaf Disaksikan Langsung Sule, Netizen: Cocok Juga nih Sama Kang Sule

“Untuk bansos tahap 3, berjumlah 1,9 juta paket sembako. Di dalam setiap paket sembako, akan diberikan empat masker kain. Jadi nanti aka nada sekitar 7,6 juta masker yang akan diproduksi khusus untuk melengkapi paket bansos,” tambahnya.

Seperti diketahui, Pemprov Jabar tengah mencanangkan pembelian 8 juta masker kain dari pelaku UMKM untuk mendongkrak perekonomian di tengah pandemi Covid-19 sejak pertengahan 2020 ini. Pembelian masker kain tersebut merupakan pembelian tahap kedua masker yang kini sedang berjalan.

Sebanyak 7,6 juta masker kain tersebut rencananya akan diberikan kepada warga melalui bansos tahap 3.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x