Halau Anak dari Penyebaran Covid-19, Ini Kiat Membiasakan Diri Pakaikan Masker pada Anak

- 3 Oktober 2020, 18:57 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga pasang masker anak.*
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga pasang masker anak.* /Pikiran-rakyat.com/Riesty Yusnilaningsih/

PRFMNEWS - Memakai masker sudah menjadi kewajiban saat keluar rumah. Karena sudah dibuktikan bahwa masker ampuh untuk memutus mata rantai Covid-19.

Tua, muda, lelaki dan perempuan semua diharuskan memakai masker saat beraktifitas di luar rumah. Tak terkecuali anak-anak.

Namun, bagaimana jadinya jika anak-anak tidak ingin memakainya? Berikut cara membujuknya, dilansir prfmnews.id dari MSN.

  1. Gunakan masker dengan menyelipkan kesukaanya

Anak-anak sangat tertarik dengan tokoh kartun. Anda bisa membujuknya dengan membelikan masker dengan tokoh kartun kesukaanya. Atau jika anak menyukai warna tertentu, anda bisa membelikan masker berwarna favoritnya. Selain itu, pasti banyak hal lain yang anak anda suka, jadi anda bisa membelikan masker dengan menyelipkan kesuakaanya pada masker agar sang anak semangat memakainya.

Baca Juga: Pengamat Ekonomi Sebut Pajak Mobil Baru 0% Berpotensi Rugikan Banyak Pihak Termasuk Konsumen

  1. Berikan penjelasan

Anak-anak pasti akan bertanya mengapa ia sekarang harus memakai masker. Anda hanya perlu memberikan penjelasan yang tepat untuknya. Namun jika anak masih tidak menurut jangan dipaksakan, anda bisa mencari cara lain untuk menyampaikannya. sampaikanlah secara baik-baik sesuai usianya. Seperti pada anak dibawah lima tahun yang umumnya sangat tertarik pada gambar. Anda bisa memberikan penjelasan melalui gambar.  Buatlah seperti sebuah dongeng yang menarik bagi anak anda.

  1. Berikan hadiah

Saat anda sekeluarga akan pergi atau beraktifitas diluar rumah, anda bisa membujuk anak anda untuk menggunakan masker dengan perjanjian jika ia bisa menggunakan masker sampai ke tempat yang sudah ditentukan, anda akan memberikan dia hadiah. Terkadang anak-anak akan merasa senang dengan hadiah. Pastikan juga anda bisa menepati janji dengan memberikan hadiah untuknya. Jangan sampai anda ingkar pada hadiah yang sudah dijanjikan. Karena bila anda ingkar janji, anak tak akan percaya lagi dengan imbalan yang anda janjikan.

Baca Juga: Selama Pandemi Covid-19 Penjualan Mobil Second Anjlok Hingga 90%

  1. Membuat masker bersama

Saat anda sekeluarga dirumah. Anda bisa meluangkan waktu untuk membuat masker bersama anak. Kegiatan yang menyenangkan tersebut akan membuat anak bersemangat saat nanti anda menyuruhnya untuk memakai masker. Anda tak lagi harus memaksa anak untuk memakai masker. Anak akan sangat senang terlibat dalam pembuatan sesuatu yang akan ia gunakan. Selain hanya membuat, hal ini juga bisa mempererat hubungan anda dengan keluarga.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x