5 Tips Membantu Anak Belajar dengan Baik Selama Pandemi

- 3 Oktober 2020, 13:41 WIB
Ilustrasi PJJ: Pembelajaran Jarak Jauh bikin Stres, Ini Solusinya
Ilustrasi PJJ: Pembelajaran Jarak Jauh bikin Stres, Ini Solusinya /PIXABAY/

PRFMNEWS - Semenjak pandemi covid-19 menyerang Indonesia, pemerintah memberlakukan kebijakan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar.

Metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara virtual atau online pun diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Kegiatan PJJ ini tak jarang membuat orang tua kelimpungan dan anak menjadi malas untuk belajar.

Seperti dikutip dari India Times, teruntuk para orang tua berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak belajar dengan baik selama pandemi.

Baca Juga: Tunggu Surat Edaran Menkes, Batas Biaya Maksimal Swab Test Mandiri Rp900 Ribu Belum Berlaku

  1. Mengurangi Aplikasi yang Dapat Mengganggu Belajar Online

Batasi atau kurangi akses aplikasi yang dapat mengganggu aktivitas belajar online. Aplikasi seperti game online dan sosial media dapat mengganggu fokus dan konsentrasi anak dalam belajar.

  1. Temuka Tempat yang Tepat untuk Belajar Online

Temukan tempat yang tepat, namyan dan bebas gangguan apapun untuk anak belajar online. Pastikan tempat tersebut tetap dan tidak berpindah-pindah. Sebab anak akan menghabiskan waktu yang cukup lama di tempat tersebut untuk kegiatan belajar.

  1. Periksa Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis seperti koneksi internet tidak stabil dan audio terganggu mungkin saja terjadi. Jadi periksa selalu jalnnya pembelajaran online. Hal ini untuk memastikan tidak ada kesalahan teknis yang dapat mengganggu kegiatan belajar online.

Baca Juga: Harga HP Xiaomi Terbaru dari yang Termurah Sampai Termahal di Bulan Oktober 2020

  1. Pantau Kemajuan Anak

Pantau selalu perkembangan anak dan materi yang diperoleh saat belajar online. Coba tanyakan terkait materi yang ia peroleh pada hari itu atau materi apa saja yang telah dipelajari selama kelas online berlangsung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x