Tingkatkan Kualitas PJJ, Disdik Kota Bandung Siapkan Inovasi

- 18 September 2020, 17:25 WIB
Kepala Dinas Pendidikan atau Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar.
Kepala Dinas Pendidikan atau Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar. /Dok Humas Bandung.



PRFMNEWS
– Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung memastikan bakal terus meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, seluruh elemen di sekolah terus berupaya membantu dan mendorong proses PJJ.

Tak hanya itu, sejumlah guru juga mendatangi langsung para siswa untuk memberikan pembelajaran. Para guru bahkan mendatangi dari rumah ke rumah.

Baca Juga: Wacana Pembentukan Pam Swakarsa, Pakar Hukum: UU Kepolisian Memungkinkan Itu

“Para guru mendampingi peserta didik yang terhambat gadget atau orang tuanya tidak mampu saat PJJ. Para guru datang secara berkala. Jadi saya yakin pendidikan karakter yang ditekankan selama masa pandemi ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Hikmat dalam keterangan resmi Pemerintah Kota Bandung, Jumat 18 September 2020.

Sebagai upaya peningkatan efektifitas pendidikan jarak jauh, Disdik Kota Bandung saat ini sedang mempersiapkan beberapa inovasi. Di antaranya rencana pembukaan hotline konsultasi orang tua terkait pelaksanaan PJJ serta parenting class dengan menghadirkan psikolog maupun guru Bimbingan Konseling.

"Kita sedang upayakan program dan anggaran untuk penyediaan sarana pendukung pembelajaran daring atau intranet ini. Sehingga peserta didik tidak akan terkendala dengan koneksi internet. Karena sistem ini akan menghubungkan siswa dengan aplikasi Sakoja yang telah kita miliki. Jadi bisa dilaksanakan di manapun dan kapanpun di Kota Bandung,” ungkap Hikmat.

Baca Juga: Pemerintah China Temukan 32 Kasus Baru Corona

Sebelumnya, Disdik Kota Bandung telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas PJJ, seperti peminjaman sarana pendidikan berupa laptop, tablet maupun ponsel serta pemberian bantuan paket internet bagi peserta didik tidak mampu atau yang terdampak Covid-19.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x