Sering Berkendara Tapi Tak Mau Kena Mabuk Perjalanan, Yuk Ikuti Tips Ini

- 26 September 2020, 11:30 WIB
ILUSTRASI berkendara mobil.*
ILUSTRASI berkendara mobil.* /Pexels

PRFMNEWS - Sebagian orang pasti sering bepergian menggunakan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun umum. Biasanya mereka pergi untuk liburan, bertamasya atau sekedar berkumpul bersama keluarga.

Namun tak jarang setiap orang mengalami mabuk perjalanan, ketika bepergian menggunakan kendaraan. Hal ini pun membuat perjalanan menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Dikutip dari Web MD, Sabtu 26 September 2020 berikut ini beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan :

Baca Juga: Belum Dapat BLT Rp600 Ribu? Begini Cara Ajukan Aduan ke Kemnaker

1. Jangan Konsumsi Kafein, Alkhol dan Makanan Berat Sebelum Perjalanan
Ketika kamu mengonsumsi makanan berat, kafein dan alkohol sebelum perjalanan, ini akan membuat lambung bekerja secara keras selama perjalanan. Kondisi jalan yang menentu, bisa saja berkelok ataupun tidak mulus, dapat memicu rasa mual karena asam lambung yang tengah memproses makanan.

2. Berbaringlah dan Tutup Mata
Jika ruang memungkinkan untuk kamu berbaring, maka berbaringlah. Berbaring dan menutup mata alias tidur akan membuat perjalanan terasa lebih cepat dan mampu mengurangi munculnya rasa pusing serta mual.

3. Usahakan Kepala Tetap Diam
Lihatlah pemandangan sekitar selama perjalanan, tengok kanan dan kiri namun usahakan kepala jangan terlalu banyak gerakan. Jangan membaca dan menatap kursi atau jalan yang ada di depan kamu, sebab itu bisa memicu rasa pusing dan mual.

Baca Juga: LIPI Ungkap Wilayah Selatan Pulau Jawa Berpotensi Timbulkan Gempa dan Tsunami Besar

4. Temukan Tempat Terbaik
Temukan tempat duduk terbaik saat akan bepergian. Ini untuk memastikan kondisi kamu akan merasa nyaman selama perjalanan nanti.
Beberapa tips memilih tempat duduk diantaranya, jika kamu tidak sedang mengemudi, duduklah di kursi depan daripada di belakang. Jika kamu berada di dalam pesawat, duduklah di dekat sayap. Jika kamu berada di dalam bus atau kereta, cobalah mendapatkan kursi yang menghadap ke arah tujuanmu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x