Perlukah Memakai Tabir Surya Saat Kita Berada di Rumah? Ini Jawabannya

- 24 September 2020, 16:33 WIB
Perlukah Memakai Tabir Surya Saat Kita Berada di Rumah? Ini Jawabannya
Perlukah Memakai Tabir Surya Saat Kita Berada di Rumah? Ini Jawabannya /PEXELS

PRFMNEWS - Tabir surya alias sunscreen atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan sunblock bagi sebagian besar orang wajib dipakai selama berada di luar rumah.

Namun, di masa pandemi ini segala aktivitas dan kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Lalu apakah perlu menggunakan tabir surya selama di rumah?

Baca Juga: Febri Diansyah Mengundurkan Diri dari KPK, Alasannya Belum Diketahui

Menurut Dr. Elizabeth Hale, seorang dewan bersertifikat dokter kulit di New York City dan wakil presiden senior dari The Skin Cancer mengatakan bahwa selama berada di dalam rumah, kita tetap harus menggunakan tabir surya.

Pasalnya, paparan dari sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB dapat menembus ke dalam rumah melalui jendela. Jika terpapar sinar UVA dan UVB maka akan berbahaya bagi kulit.

"Ada berbagai jenis sinar ultraviolet yang mempengaruhi kulit, kebanyakannya UVA dan UVB," kata Dr. Hale dikutip dari Instyle.

Baca Juga: Bertambah 4.634, Ini Update Kasus Corona di Indonesia Hingga Kamis 24 September 2020

Dr. Marie Hayag, seorang ahli kulit bersertifikat dan ahli tabir surya di New York City mengatakan bahwa sinar UVA mampu menyebabkan kerusakan DNA. 

"Karena sinar UVA menembus lebih dalam pada kulit dan menyebabkan kerusakan DNA, mereka memecah kolagen dan elastin," ucap Dr. Hayag.

Selain karena sinar UVA dan UVB, menggunakan tabir surya di dalam rumah juga diperlukan untuk menahan paparan dari light blue atau cahaya biru yang juga berbahaya bagi kulit.

Dalam kondisi pandemi ini seseorang akan lebih sering menggunakan handphone atau laptop untuk berkerja, sekolah dan aktivitas lainnya. Maka tingkat terpapar dari blue light ini pun sangat tinggi.

Baca Juga: Selamat! GOT7 Raih Dua Penghargaan di LINE Thailand People's Choice Awards 2020

Blue light sendiri dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

"Bahkan paparan sinar biru yang singkat dapat meningkatkan generasi spesies oksigen reaktif yang memecah kolagen dan elastin dan menyebabkan kerusakan DNA yang mengarah pada mutasi DNA yang menyebabkan kanker kulit dan penuaan, sehingga walaupun berada di dalam rumah perlu untuk tetap memakai tabir surya," kata Dr Hayag.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Instyle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x