Jangan Salah! Ini Perbedaan Purging dan Breakout Akibat Skincare pada Wajah

- 24 September 2020, 14:35 WIB
ilustrasi perawatan wajah.
ilustrasi perawatan wajah. /pexels

PRFMNEWS - Memiliki kulit yang sehat, bersih, dan bebas jerawat merupakan dambaan setiap orang. Perawatan kulit di antaranya dengan menggunakan skincare menjadi salah satu upaya untuk dapat mewujudkannya.

Namun tidak jarang saat mencoba skincare, kulit kita akan menunjukkan reaksi. Misalnya kulit merasa terbakar, muncul kemerahan, gatal bahkan jerawat.

Purging dan breakout merupakan dua istilah yang tren dari reaksi penggunaan skincare.

Baca Juga: Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV, Begini Cerita dari Film The Equalizer

Namun tahukah kamu apa yang membedakan purging dan breakout? Jika belum tahu, kali ini kami akan membahasnya.

1. Purging

Ilustrasi kenali Purging dan breakout pada wajah anda./pixabay
Ilustrasi kenali Purging dan breakout pada wajah anda./pixabay


Dikutip dari Cherie, purging adalah reaksi dan proses adaptasi kulit terhadap bahan aktif yang ada dalam skincare. Munculnya benjolan kecil berwarna merah, tidak gatal, tidak nyeri dan tidak bengkak menjadi ciri-ciri dari purging.

Purging terjadi karena kulit seseorang tengah mengalami pergantian sel kulit dan pembersihan kulit. Dokter kulit mengatakan bahwa proses ini berlangsung selama 4-6 minggu atau sekitar 28 hari.

Beberapa kandungan skincare yang diklaim dapat memicu purging di antaranya retinoid, vitamin C, dan sifat ekspoilasi dari scrubs.

Ketika sudah mengalami purging kulit kamu akan kembali bersih dan sehat. Kamu dapat pun dapat melanjutkan pemakaian skincare.

Baca Juga: Banpres Rp2,4 Juta Dinilai Cukup untuk Memberi Nafas Usaha UMKM di Tengah Pandemi

2. Breakout

Breakout di wajah.*
Breakout di wajah.* PIXELS


Sementara itu, breakout adalah reaksi kulit yang tidak cocok dengan bahan aktif yang ada dalam skincare. Ketika mengalami breakout biasanya akan muncul jerawat di area yang biasanya tidak berjerawat, jerawat tersebut disertai rasa gatal dan nyeri.

Breakout dapat disebabkan oleh adanya kandungan yang bersifat comedogenic atau memicu munculnya komedo. Selain itu juga disebabkan oleh kandungan yang tidak cocok untuk kulit sehingga menimbukan alergi dan iritasi.

Breakout ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni lebih dari 4 sampai 6 minggu. Ketika kamu mengalami breakout kamu harus segera konsultasi dengan dokter kulit dan menghentikan pemakaian skincare.

Sekarang kamu sudah tahu apa bedanya purging dan breakout kan?. So, jangan sampai salah lagi dalam membedakan reaksi yang ditunjukkan kulit saat menggunakan skincare ya!.*** (Dhea Amellia/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Cherie


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x