Mengapa Tubuh Lebih Mudah Merasa Lapar Ketika Cuaca Dingin?

- 23 September 2020, 21:50 WIB
RASA lapar yang tak henti-hentinya dapat diakibatkan oleh beberapa faktor.*
RASA lapar yang tak henti-hentinya dapat diakibatkan oleh beberapa faktor.* /PIXABAY/

PRFMNEWS - Tubuh kita akan merasakan selalu ingin makan ketika cuaca dingin. Bukan tanpa sebab, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Pertama adalah adanya sebuah hormon di dalam tubuh yang memicu rasa lapar dan berkeinginan untuk selalu makan. Hormon tersebut bernama Ghrelin dan Leptin. Dua hormon ini memiliki fungsi yang hampir sama.

Seperti dilansir prfmnews.id dari laman medicalxpress.com, hormon Ghrelin akan ada pada saat perut kosong. Pada situasi ini, hormon Ghrelin akan dilepas oleh sel perut yang disebabkan oleh kadar lemak tubuh yang turun pada saat perut kosong. Sehingga hal tersebut menyebabkan kita merasa ingin makan.

Baca Juga: Menaker Sebut BLT Rp600 Ribu Tahap 4 Mulai Cair Hari Ini

Sedangkan hormon Leptin sendiri befungsi untuk menekan nafsu makan dan memberi kode pada otak mengenai apa yang ingin dimakan dan kapan ingin makan.

Sebelumnya memberi kode pada otak, Leptin akan dilepas terlebih dahulu dari sel lemak yang melapisi usus dan usus besar. Setelah itu barulah Leptin mengkomunikasikan kepada otak.

Faktor lainnya adalah yang menyebabkan selalu muncul rasa lapar ketika cuaca dingin yaitu tubuh mengeluarkan lebih banyak energi.

Tubuh mengeluarkan lebih banyak energi saat cuaca dingin bertujuan agar tubuh terjaga keseimbangan suhunya.

Baca Juga: Dishub Optimis Pelabuhan Patimban Bisa Tingkatkan Ekonomi Jabar

Saat suhu rendah atau dingin tubuh akan melakukan aktivitas NST (nonshivering thermogenesis).

NST adalah aktivitas dimana tubuh tidak akan merasa menggigil di saat tubuh bekerja dalam menghasilkan suhu panas pada tubuh. Sehingga efeknya tubuh mengeluarkan banyak energi karena proses aktivitas NST agar dapat menyesuaikan diri dengan suhu dingin.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: medicalxpress


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x