Mahasiwa IPB Produksi Teh Daun Kopi Saat KKN di Pangalengan, Terbukti Berkhasiat Tingkatkan Imunitas

- 25 Agustus 2020, 20:38 WIB
Mahasiswa IPB menemukan temuan baru berupa teh daun kopi yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. (foto: istimewa)
Mahasiswa IPB menemukan temuan baru berupa teh daun kopi yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. (foto: istimewa) /



PRFMNEWS
– Sekelompok mahasiwa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat produk teh dari daun kopi yang berkhasiat untuk meningkatkan Imunitas (sistem kekebalan) tubuh manusia.

Prestasi ini dicetak para mahasiswa IPB yang sedang melaksanakan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Desa Tribaktimulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Proses penemuan teh daun kopi itu dilakukan Muhamad Ryan dan Felia Prima dari Fakultas Teknologi Pertanian, Salva Cakra dari Fakultas Kehutanan, serta Fanny Ismi dan Bayu Prasetyo dari Fakultas Perikanan IPB.

Baca Juga: Dua Pemain Persib Bandung Ikut TC Timnas U-19 di Kroasia, Berikut Daftar Lengkapnya

Awalnya, mereka melihat adanya hasil pertanian yang tidak termanfaatkan oleh petani di Desa Tribaktimulya Pangalengan, yakni daun kopi. Atas dasar tersebut, kelompok mahasiwa KKN ini tergerak untuk mengubah daun kopi menjadi produk teh celup yang memiliki khasiat meningkatkan Imunitas tubuh.

“Karena di Pangalengan banyak kebun kopi, jadi teh daun kopi ini melimpah. Tapi sayangnya oleh petani di sana daun kopi dibuang. Padahal daun kopi punya sejuta manfaat bagi butuh manusia. Salah satu contohnya adalah untuk meningkatkan Imunitas tubuh,” kata Felia Prima saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 25 Agustus 2020.

Sementara itu dijelaskan Muhammad Ryan, dari hasil penelitian yang dilakukan IPB, teh daun kopi terbukti memiliki khasiat baik untuk tubuh manusia.

Hal tersebut dikarenakan daun kopi mengandung daun kopi mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau atau teh hitam.

Baca Juga: Kepulan Asap Tebal di Flyover Pasupati Sempat Hebohkan Warga, Ternyata Karena Aktivitas Bakar Sampah

“Di London, Inggris, produk serupa sudah ada. Penelitan tentang khasiat teh daun kopi juga sudah ada,” katanya.

Selain meningatkan Imunitas tubuh, teh daun kopi juga memiliki manfaat baik untuk tubuh manusia, yakni mengurangi risiko penyakit degenaratif seperti kolesterol, dan diabetes.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x