Rajin Konsumsi Brokoli dan Kubis untuk Jaga Kesehatan Jantung

- 24 Agustus 2020, 22:02 WIB
ILUSTRASI brokoli dan kembang kol.*
ILUSTRASI brokoli dan kembang kol.* /Pixabay



PRFMNEWS
– Sayuran hijau merupakan hal untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini terbukti dari penelitain terbaru Edith Cowan University Australia yang menunjukan sayuran hijau seperti brokoli dan kubis (kol) sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA, para peneliti dari Edith Cowan University Australia, mempelajari 684 orang wanita dengan rata-rata berusia 75 tahun yang memiliki kebiasaan rajin konsumi brokoli dan kubis.

Ratusan wanita tersebut melaporkan bahwa konsumsi sayuran mereka selama 12 bulan menggunakan kuesioner frekuensi makanan, khususnya brokoli dan kubis.

Baca Juga: Giring Ganesha Ungkap Alasan Dirinya Siap Maju Sebagai Capres 2024

Hasil studi menunjukkan, wanita yang makan lebih banyak dua sayuran hijau ini memiliki peluang lebih rendah untuk mengembangkan kalsifikasi atau pengerasan di pembuluh darah (arteri).

Wanita yang makan lebih dari sekitar 45 gram sehari sayuran, sekitar 46 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami banyak kalsifikasi di jantung mereka daripada wanita yang hanya makan 15 gram sehari.

Kalsifikasi pembuluh darah terjadi ketika lemak dan kalsium menumpuk di sepanjang sisi pembuluh, yang perlahan akan mengeras dan mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan stroke dan serangan jantung.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x