5 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Libur Panjang Akhir Pekan Kali Ini Nyaman dan Lancar

- 21 Agustus 2020, 11:08 WIB
Lokasi Wisata The Great Asia Africa, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Lokasi Wisata The Great Asia Africa, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. /RIZKY PERDANA/PRFM

PRFMNEWS – Libur panjang Tahun Baru Islam sudah dimulai. Libur panjang kali ini bertepatan dengan akhir pekan. Membuat, beberapa destinasi wisata akan dipadati pengunjung.

Berlibur di tahun ini bukan perkara mudah. Seluruh wisatawan harus mematuhi protokol kesehatan yang pasti akan disiapkan oleh pengelola destinasi wisata yang akan dituju.

Menyikapi hal tersebut, kesiapsediaan untuk berlibur menuju destinasi wisata harus dikedepankan. Sebab, jangan sampai keluarga anda menjadi inang penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga: AMSI Gelar Kongres Kedua dengan Tema Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan saat berlibur ke destinasi wisata yang perlu anda perhatikan, demi menjaga keluarga:

1. Menyediakan E-Money

Uang merupakan alat tukar nomer satu, bahkan banyak dari kehidupan kita selalu menggunakan uang.

Namun, selama pandemi Covid-19 masih belum menemukan titik terang, transasksi langsung menggunakan uang dikhawatirkan menjadi faktot penularan.

Untuk itu, demi menjamin kesehatan keluarga anda dalam berlibur menuju destinasi wisata, upayakan menyediakan E- Money yang disedikan di beberapa aplikasi.

2. Membeli Tiket Online Melalui Aplikasi

Mengantisipasi berinteraksi secara langsung, demi menjaga kesehatan keluarga anda saat berlibur menuju destinasi wisata, upayakanlah, membeli tiket online melalui berbagai aplikasi.

Hal ini selain akan mempermudah anda dalam proses masuk, juga akan mempercepat akses anda dari antrean panjang, yang biasanya terjadi penumpukan.

Selain itu, membeli tiket secara online akan memperoleh banyak kemudahan dan keuntungan, biasanya aplikasi akan memberikan banyak bonus dan potongan harga bagi yang membeli tiket di aplikasi tertentu.

Baca Juga: Soal Wacana Pendidikan Militer di Kampus, Pengamat Pendidikan: Harus Dikaji dengan Matang

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Jurnaltrip.pikiran-rakyat.com dengan judul Catat, 5 Hal yang Perlu di Perhatikakan, saat Mengisi Libur Panjang Tahun Baru Islam

3. Membawa Alat yang Mendukung Protokol Kesehatan

Hal yang paling utama dalam berlibur menuju destinasi wisata adalah memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu kampanye pemerintah di tengah pandemi ini adalah harus menggunakan masker dan upayakan menjaga jarak.

Saat di lokasi wisata, selalu perhatikan protokol kesehatan. Prioritaskan masker, face shield dan handsantizer sebagai logistik yang harus dibawa.

Bahkan, jika diperlukan lengkapi keluarga anda dengan sarung tangan agar terjaga dari benda-benda yang sering disentuh wisatawan yang lain saat di destinasi wisata.

Jika tak membawa sarung tangan, awasi terus putra-putri anda untuk selalu menggunakan handsanitizer saat memasuki salah satu wahana yang di tuju di dalam destinasi wisata.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Jumat 21 Agustus 2020, Dipatok Rp1.031.000 per Gram

4. Memilih Makan di Lokasi Lain

Selain harus menjaga interaksi dengan pengunjung lain. Demi terciptnya kondusifitas saa berlibur di destinasi wisata yang anda tuju, upayakan untuk tidak makan di lokasi wisata.

Bukan, tidak mendukung bisnis destinasi wisata. Namun ingat, kesehatan keluarga lebih penting.

Bagi si kecil atau putra-putri anda, sediakan makanan ringan yang disimpan di wadah, untuk menjaga agar mereka tidak terlalu banyak membeli makan dan berinteraksi.

Demi menjaga kesehatan keluarga saat menikmati berlibur di destinasi wisata, saat terasa lapar lebih baik mencari lokasi makan di luar destinasi wisata agar jauh dari kerumunan, penumpukan, antren, yang bisa menjadi akses penularan.

Baca Juga: Ini Bocoran Cerita FTV Preman Pensiun: Bubun Siap Kembali ke Terminal, Tisna TOP Kembali Jualan Buah

5. Membawa Pakaian Ganti

Pakaian ganti pun harus disediakan bukan karena akan menjajaki wahan air di destinasi wisata.

Namun di masa pandemi ini, safety harus sangat diterapakan pada keluarga terutama saat akan berlibur ke destinasi wisata yang dituju.

Memang melelahkan, namun sekali lagi kesehatan keluarga sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan anda.*** (M Elgana Mubarokah/Jurnal Trip)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Jurnal Trip


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x