Lebih Sehat dari Micin! Ini 12 Bahan Alami Sebagai Pengganti MSG, yang Bikin Masakan Lebih Umami dan Gurih

- 28 April 2023, 12:20 WIB
Ilustrasi MSG atau micin.
Ilustrasi MSG atau micin. /Pixabay/panida wijitpanya/

 

PRFMNEWS - Bagi pecinta kuliner dan masak memasak, tentu sudah nggak asing lagi dengan MSG atau yang sering disebut micin.

MSG atau kependekan dari monosodium glutamate adalah penyedap rasa yang biasanya ditambahkan pada makanan. MSG dipercaya dapat membuat masakan jadi lebih nikmat karena memberikan rasa "umami".

Sayangnya, penggunaan micin memang harus diperhatikan. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, micin dipercaya tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Mie Kocok dan Bakso yang Maknyus di Bandung, Kuliner yang Selalu Diburu Saat Lebaran

Di suatu penelitian, terlihat bahwa mereka yang mengonsumsi 3 gram MSG dalam satu sajian makanan lebih banyak mengeluhkan gejala, seperti pusing, otot terasa tegang, kesemutan, dan wajah memerah. Untuk itu banyak orang yang mencari bahan alami pengganti micin.

Nah, sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan penyedap alami dalam masakanmu. Berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa jadi penyedap alami. Bikin rasa masakanmu gurih dan sedap alami!

1. Gula dan garam

Gak cuma memaniskan makanan dan minuman, gula juga ampuh membuat masakan kamu jadi gurih, lho. Coba tambahkan gula secukupnya, kemudian dicampur garam dengan perbandingan 1:2. Jangan lupa cicipi dulu ya sebelum dihidangkan.

Baca Juga: Resep Carbonara Rendang Spaghetti yang Simple, Kombinasi Makanan Lokal vs Italia dari Makanan Sisa Lebaran

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x