Tetap Nikmat Makan Opor hingga Kue Lebaran Tanpa Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik, Ikuti Tips ini

- 18 April 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi opor Ayam
Ilustrasi opor Ayam /Tangkap Layar YouTube Devina Hermawan

PRFMNEWS – Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M sebentar lagi. Beragam menu makanan santan, daging, oseng-oseng, hingga kue-kue kering nan manis menanti untuk disantap.

Tips menurunkan kolesterol hingga gula darah pemicu diabetes yang berpotensi naik usai menyantap berlebihan menu-menu khas Lebaran tersebut wajib dicatat sejak dini.

Perlu diingat, konsumsi makanan tinggi santan, minyak, dan daging berlemak terlalu banyak berpotensi menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Kampung yang Gurih dan Otentik, Sajian Istimewa untuk Hari Lebaran

Ditambah, makan kue-kue kering maupun basah khas Lebaran yang manis bisa pula meningkatkan kadar gula darah sehingga perlu diwaspadai bagi penderita diabetes.

Sehingga, cara menjaga agar kolesterol dan gula darah tetap stabil meski mengonsumsi opor ayam, rendang, oseng daging, hingga kue manis penting diketahui agar tetap bisa aman usai menyantapnya.

Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Intan Annisa Fatmawaty menyampaikan, selain dari makanan, kolesterol juga sebenarnya diproduksi dalam tubuh kita.

Baca Juga: Resep Ketupat Sayur Betawi yang Gurih dan Nikmat, Hidangan untuk Menu Lebaran Idul Fitri

"Kalau ada yang kolesterolnya tinggi, itu bisa diakibatkan karena adanya gangguan metabolisme dalam tubuh atau memang asupan makanannya mengandung kolesterol tinggi terlalu banyak," jelas Intan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x