Puasa Ramadhan Selama Sebulan Tapi Berat Badan Malah Naik? Mungkin ini Penyebabnya

- 10 April 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi kegemukan
Ilustrasi kegemukan /Pixabay/ketut subiyanto

PRFMNEWS - Selama bulan Ramadhan, umat islam menjalani ibadah puasa 30 hari lamanya dari sejak shubuh hingga maghrib. Selama menjalani puasa, maka asupan makanan pun berkurang.

Banyak orang yang menjadikan ibadah puasa sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun pada kenyataannya malah banyak orang yang naik berat badan setelah puasa Ramadhan.

Padahal dalam beberapa penelitian telah membuktikan, puasa memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak bahkan puasa secara psikologis memberi efek menenangkan.

Baca Juga: TERNYATA Ini Alasan Diet Sering Gagal, dr Sung: Diet Bukan Hanya Menurunkan Berat Badan

Namun jika puasa dilakukan dengan cara yang tidak tepat, puasa malah dapat mengakibatkan kegemukan. Hal ini dipicu oleh kebiasaan buruk saat berbuka puasa.

Beberapa kebiasaan buruk yang mengakibatkan berat badan meningkat misalnya, menyantap aneka es atau hidangan sarat gula, dan dalam porsi yang besar.

Kolak, sop buah yang diberi topping kental manis, dan berbagai jenis cemilan tinggi gula membuat seseorang kerasa cepat lapar dan ketagihan menyantap yang manis-manis. Inilah
yang membuat kadar gula darah melonjak tajam, dan akhirnya berat badan pun naik.

Baca Juga: Perbedaan Antara Perut Buncit, Obesitas dan Kegemukan: Cari Tahu Kalian Masuk yang Mana?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x