6 Manfaat Chia Seeds Bagi Tubuh Serta Cara Mengolahnya, Bisa untuk Diet Hingga Turunkan Gula Darah

- 7 November 2022, 22:15 WIB
Ilustrasi chia seeds
Ilustrasi chia seeds /Pixabay/ValeriaLu


PRFMNEWS – Saat ini popularitas chia seeds atau biji chia di masyarakat semakin meningkat dan dikenal memiliki banyak manfaat.

Meski begitu, masih banyak yang keliru dan mengira chia seeds merupakan biji selasih. Chia seeds merupakan biji-bijian yang berasal dari tumbuhan Salvia hispanica.

Sedangkan, biji selasih merupakan biji-bijian dari keluarga tanaman selasih seperti basil atau sweet basil dan lainnya. Sehingga perlu diketahui bahwa chia seed dan biji selasih berasal dari tumbuhan yang berbeda, namun memiliki bentuk yang sekilas sama.

Baca Juga: Tidak Usah Takut Makanan Berlemak! Dokter Cahyo Ungkap 4 Jenis Makanan Berlemak yang Aman Bagi Diabetes

Chia seeds dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, mulai dari membantu diet, menurunkan kolesterol, gula darah dan lainnya.

Dilansir prfmnews.id dari berbagai sumber, berikut manfaat dari chia seeds untuk tubuh:

1. Mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif yang berasal dari radikal bebas. Chia seed memiliki sejumlah kandungan antioksidan diantaranya asam caffeic, Asam klorogenat, Kaempferol dan kuersetin.

2. Membantu diet

Dalam 28,3 gram chia seeds memiliki 39% kebutuhan serat harian. Chia seeds juga dapat membantu diet karena meskipun mengkonsumsi sedikit akan membuat kenyang lebih lama.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x