Jangan Dibuang! Ini 15 Manfaat Jantung Pisang, Mulai untuk Diet sampai Mencegah Kanker dan Sakit Jantung

- 17 Januari 2023, 12:00 WIB
Jantung pisang
Jantung pisang /Pexels/

PRFMNEWS - Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut, yaitu jantungnya.

Meskipun jantung pisang tidak sepopuler buahnya, tapi banyak juga lho yang menyukainya. Biasanya, jantung pisang diolah dengan cara ditumis atau dimasak kuah santan.

Seperti buahnya, jantung pisang juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Bunga pisang memiliki khasiat obat yang luar biasa, juga dikenal sebagai bunga pisang atau jantung pisang. Ini memiliki profil nutrisi yang kuat.

Baca Juga: Buah Pisang Ampuh Atasi Gejala Asam Lambung dengan Cepat, Kata dr. Ema

Bunga pisang dikemas dengan mineral penting seperti fosfor, kalsium, potasium, tembaga, magnesium dan besi, penting untuk beberapa fungsi tubuh.

Apa Itu Jantung Pisang?

Meskipun disebut jantung pisang, namun bagian tersebut sebenarnya adalah cikal bakal buah pisang. Jantung pisang terdiri dari beberapa bagian, di mana lapisan pertama adalah kulit terluarnya. Bagian ini ditandai dengan warna merah tua dan agak gelap.

Setelah bagian kulit, bagian selanjutnya adalah bagian dagingnya. Bagian ini berwarna putih kekuningan. Selanjutnya adalah bagian bunganya yang terletak di bagian paling atas.

Jantung pisang termasuk rendah kalori, namun kaya akan nutrisi serta serat. Dengan beragam nutrisi di dalamnya, kamu bisa menerima berbagai manfaatnya bagi tubuh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x