Jangan Buang Obat yang Kedaluwarsa Sembarangan! Ini Cara Aman yang Bisa Dilakukan

- 26 Oktober 2022, 11:32 WIB
Ilustrasi obat.
Ilustrasi obat. /Pixabay/qimono/

PRFMNEWS - Memiliki persediaan obat di rumah adalah hal yang baik sebagai persiapan untuk memudahkan kita mencari obat ketika sakit.

Namun ada kalanya obat yang kita miliki tersimpan cukup lama di kotak obat atau tempat penyimpanan lainnya.

Untuk itulah kita juga harus memeriksa kondisi obat-obatan yang disimpan, dan membuang obat yang sudah kedaluwarsa atau yang sudah tidak terpakai lagi.

Baca Juga: Bisa Terancam Pidana, Polisi Tegaskan Apotek di Jabar Dilarang Jual Obat Sirup Tercemar EG dan DEG

Kamu harus membuang semua obat yang sudah lewat batas waktu aman pemakaian. Tapi, jangan langsung asal buang begitu saja, lho! Karena obat yang dibuang sembarangan bisa dipungut orang lain dan disalahgunakan.

Berikut adalah tips cara membuang obat yang benar :

1. Hilangkan semua informasi yang ada pada obat yang akan dibuang dan keluarkan obat dari bungkusnya. Hal ini berfungsi untuk melindungi identitas dan privasi mengenai keadaan kesehatan kita.

Selain itu, juga berguna untuk menghindari obat dijual kembali oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab setelah obat dikumpulkan oleh pemulung.

Baca Juga: Kemenkes: Vaksin Bukan Kedaluwarsa, tapi Masa Simpan

2. Untuk obat berbentuk tablet dan kapsul, hancurkan obat, dan campur dengan air, tanah, atau bahan lain yang tidak diinginkan, kemudian taruh ke dalam wadah atau plastik tertutup. Hal ini untuk mencegah obat diambil kembali oleh pemulung.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x